[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Pengkondisian Kesiapan Belajar Untuk Pencapaian Hasil Belajar Dengan Gerakan Senam Otak

Deskripsi:

Dunia pendidikan seringkali memberi penekanan terhadap hasil belajar sebagai suatu masalah. Kenyataannya hasil belajar adalah dampak dari bagaimana peserta didik memiliki kesiapan belajar. Penelitian mixed methods dengan desain eksperimen one group pretest–Postest bertujuan untuk menjawab permasalahan mengenai bagaimana pengkondisian kesiapan belajar perlu dilakukan pendidik untuk pencapaian hasil belajar sebagai perubahan tingkah laku yang mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dapat diamati dan diukur. Hasil penelitian dengan sampel 30 mahasiswa FKIP UEU dengan teknik Slovin membuktikan bahwa: (1) Proses penerapan senam otak dapat diintegrasikan sebagai kegiatan awal, inti dan akhir pembelajaran, dan terdapat pengaruh yang positif kuat dan sangat signifikan antara (2) pengkondisian kesiapan belajar tanpa senam otak dengan kesiapan belajar, (2) Pengkondisian belajar tanpa senam otak terhadap kesiapan belajar (r = 0,783, R2 = 61,4%); (3) Pengkondisian belajar tanpa senam otak terhadap hasil belajar (r = 0,688, R2 = 47,3%) ; (4) Pengkondisian belajar dengan senam otak terhadap kesiapan belajar (r = 0,799, R2 = 63,9% ); (5) Pengkondisian belajar dengan senam otak terhadap hasil belajar (r = 0,693, R2= 48,1%); dan terdapat perbedaan yang kuat, positif dan signifikan Pengkondisian belajar sebelum dan setelah senam otak pada: (6) Kesiapan belajar (mean = 2,94, r = 0,784 ; dan (7) Hasil belajar (mean = 9,74, r = 0,765).

Penulis:

Ratnawati Susanto

Download:

 [/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]