Upaya Guru Sekolah Dasar Non Kependidikan Dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik

Deskripsi:

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan secara mendalam mengenai upaya guru SD non kependidikan dalam mengembangkan kompetensi pedagogiknya. Adapun kompetensi pedagogik yang dimaksudkan meliputi menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik, komunikasi/interaksi dengan peserta didik, dan penilaian dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan atau referensi bagi guru non kependidikan dalam mengembangkan kompetensi pedagogik. Bagi kepala sekolah, penelitian ini dapat dijadikan acuan atau dasar untuk mengambil kebijakan dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru non kependidikan.

Penulis:

  1. Ainur Rosyid
  2. Rudi Heri Marwan2

Download: