Pengaruh Model Pembelajaran Round Club Terhadap Kecerdasan Linguistik Siswa Kelas V SDN Sukabumi Utara 04 PAGI

Deskripsi:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran round club terhadap kecerdasan linguistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sukabumi Utara 04 Pagi yang berjumlah 27 siswa pada tahun ajaran 2016/ 2017. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi (pre-test dan post-test) dan angket instrumen diuji validitasnya dengan menggunakan rumus r-tabel dan r product moment dengan banyaknya siswa 27 dan diperoleh r–tabel (df : 27-2=25, sehingga harga r-0,381) dan r-product moment dengan signifikan 5% diperoleh r–tabel 0,381. Kemudian uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alfa Cronbach, jika nilai alpha> 0.60, maka reliabel. Uji persyaratan dalam analisis ini adalah Uji Lilliefors untuk normalitas, Uji Regresi Sederhana, Uji Kofisien Determinasi dan Uji – T. Untuk uji Lilliefors angket, variabel X tidak berdistribusi normal karena Lhitung> Ltabel, yaitu Lhitung = 0,200 > Ltabel 0,161, sedangkan variabel Y berdistribusi normal karena Lhitung< Ltabel, yaitu Lhitung = 0,065 < Ltabel 0,161. Pada uji Regresi Sederhana dengan rumus Y = a + bX + e diperoleh Y = 7,142 + 1,621X + 0,05 artinya Koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara Model Pembelajaran Round Club dengan Kecerdasan Linguistik. Pada uji-t diperoleh bahwa t hitung sebesar 8,768 lebih besar dari t tabel 2,052 pada taraf signifikansi α = 0,05 maka Ho ditolak, yang artinya Model Pembelajaran Round Club berpengaruh positif secara signifikan terhadap Kecerdasan Linguistik di kelas V SDN Sukabumi Utara 04 Pagi. Kesimpulan ini memberikan suatu pengertian bahwa penerapan model pembelajaran round club merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan linguistik siswa.

Penulis:

  1. Zheftania Maya Fahlevi
  2. Ainur Rosyid

Download: