Alphabet Substitution Of Dyslexia Studentsat Yayasan Pantara Jakarta; A Psycholinguistics Study

Deskripsi:

Artikel ini berjudul “Sibstitusihurufpada Siswa Disleksia di Yayasan Pantara Jakarta: Studi Psikolinguistik”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman lebih lanjut tentang Substitusi yang umumnya dialami oleh beberapa siswa sekolah dasar disleksia antara 8 hingga 10 tahun yang belajar di kelas 2 hingga 4 Sekolah Dasar Yayasan Pantara Jakarta, sekolah yang sangat khusus bagi mereka yang mengalami Dyslexia, Dysgraphia, Dyscalculia dan kebutuhan khusus lainnya, yang terletak di Jalan Tebet Raya Jakarta Pusat. Teori utama yang digunakan untuk penelitian ini diambil dari O’Grady (1997) yang terutama membahas tentang studi Psikolinguistik, Gribben (2012) yang terutama membahas tentang Dyslexia dan Mc. Manis (1998) yang berfokus pada Substitusi. Ini merupakan penelitian eksperimental dengan siswa sebagai objek penelitian. Tes menulis dijelaskan dalam penelitian denganmelatih beberapa kata yang diambil dari teori Lerner tentang kata-kata dasar yang cocok untuk anak-anak di kelas 2 hingga 4 siswa sekolah dasar dan juga dari 200 kata dasar Swadesh yang sudah diajarkan oleh guru mereka saat mereka belajar di sekolah mereka. Sementara itu, metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode kualitatif dan selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa ada beberapa jenis substitusi yang biasa ditemukan di kalangan siswa sekolahdasar di Yayasan Pantara Jakarta.

Penulis:

  1. Meiyanti Nurchaerani
  2. Asih Nur Imda
  3. Rini Mardiani

Download: