Deskripsi :

Logo merupakan simbol visual identitas perusahaan yang dapat digunakan sebagai poin untuk publik mengingat atau menghubungkannya dengan nama perusahaan tertentu. Terdapat tiga kategori simbol logo yang dapat digunakan perusahaan dalam membentuk identitas visual perusahaan. Bentuk logo ini akan berhasil bila dalam logo tersebut menggambarkan karakter tentang perusahaanPemasalahan penelitian, dapat disimpulkan untuk dampak Kognitif, karyawan Universitas Esa Unggul memahami tentang perubahan logo baru yang lebih colour full. Untuk dampak Afeksi bagaimana logo tersebut dapat menyentuh perasaan karyawan secara emosional terhadap perubahan logo lama.  Item-item dalam kuesioner telah melalui uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha dan uji korelasi bivariate antara masing-masing skor indikator dengan total skor konstruksi untuk menguji validitas. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 90. Pengambilan sampel dengan dengan metode acak sederhana (simple random sampling).Hasil penelitian menggunakan uji korelasi Person’s Product Moment menyatakan memperlihatkan adanya hubungan yang signifikan (r = 0,403) dan ketika dibagi dalam makna logo denotatif dan konotatif ternyata makna logo denotatif (r = 0,370) memiliki angka hubungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan makna logo konotatif (r = 0,303) ketika dihubungkan dengan aspek kognitif. Makna logo dihubungkan dengan aspek afeksi memperlihatkan  angka yang rendah (r = 0,340), tetapi ternyata hubungan makna logo konotatif lebih tinggi dibandingkan dengan makna logo denotatif dan masih lebih tinggi dibandingkan dengan makna logo secara umum. Artinya bahwa makna konotatif dapat menentukan sikap.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Heriyanti

Download :