Deskripsi :

Dengan banyaknya perusahaan otomotif di Indonesia maka konsumen akan lebih selektif dalam menentukan merek sepeda motor mana yang digunakan sebagai alat transportasi. Munculnya pabrikan sepeda motor Cina semakin memperketat persaingan industri sepeda motor di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan kepuasan dan loyalitas pelanggan kepada Yamaha Vixion. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling accidental (accidental sampling). Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang membeli dan menggunakan Sepeda Motor Vixion Yamaha MotorKebun di Eternal Repair Orange, Jakarta Barat. Total populasi dalam penelitian ini tidak dihitung. Berdasarkan hasil penelitian kepada 100 responden dan pembahasan tingkat kepuasan konsumen dalam menggunakan sepeda motor Vixion Yamaha dapat disimpulkan bahwa konsumen sepeda motor Vixion Yamaha di Bengkel Abadi Motor, Jakarta Barat termasuk dalam kategori cukup puas. Dari lima tingkat loyalitas merek, yaitu switcher, pembeli kebiasaan, pembeli puas, kesukaan merek, dan pembeli berkomitmen, berdasarkan perhitungan tingkat loyalitas 100 responden menemukan bahwa konsumen di Eternal Motorcycle Workshop Kebun Orange, Jakarta Barat termasuk tingkat pembeli yang berkomitmen. Ini berarti konsumen setia kepada Yamaha Vixion dan mempromosikannya kepada orang lain untuk membeli merek Yamaha Vixion. Berdasarkan hasil pembahasan bahwa variabel kepuasan pelanggan (X) memiliki hubungan positif dan signifikan dengan variabel loyalitas pelanggan (Y). Ini terbukti dari nilai korelasi Rank Spearman

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Lia Amalia

Download :