Deskripsi :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif ketik tim permainan turnamen (TGT) dalam pembelajaran sains untuk motivasi belajar keempat siswa kelas SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen 26 orang dan kelompok percobaan 27 orang. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil pengamatan selama penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa meningkat sebesar 66,67% menjadi 93%; (2) hasil uji-t diperoleh nilai p sebesar 0,02 (p <0,05) dan t hitung> ttabel yaitu 2,42> 2,05 yang berarti tolak H0. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif koperasi model pembelajaran turnamen tim tipe permainan (TGT) tentang motivasi belajar sains siswa kelas 4 SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta pada tahun akademik 2016-2017.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Syifa Aulia Hakim, Harlinda Syofyan

Download :