Publish : Januari 2020

Deskripsi :

Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Indonesia masih rendah. Hal ini dapat terjadi karena dalam proses pembelajaran siswa kurang dirangsang untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Selain itu, penggunaan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru juga masih kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV di SDN Bitung Jaya 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode preexperimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan sampel jenuh yang artinya populasi merupakan sampel penelitian, hal ini dapat terjadi jika jumlah populasi kurang dari 30.

Dalam hal ini, kelas IV di SDN Bitung Jaya 2 hanya ada 1 kelas dan hanya berjumlah 25 siswa, sehingga sampel dalam penelitian ini pun berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes uraian tertulis yang berjumlah 10 soal. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji coba terlebih dahulu kepada 17 siswa kelas V di SDN Bitung Jaya 2, sehingga hanya 9 soal valid yang dapat digunakan untuk penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 61,60, dan nilai posttest sebesar 82,00. Pengujian hipotesis mengguankan Paired Sampel T-test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan, sedangkan nilai thitung = 16,094 > ttabel = 2,064 sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV di SDN Bitung Jaya 2.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Arina Pebriani

Download :