Deksripsi:

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan Kontribusi Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas XI IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan mengunakan teknik analisis regresi dan korelasi sederhana, regresi dan korelasi ganda. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 31 Jakarta, kecamatan Matraman, Jakarta Timur dengan n = 36 dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Penelitian ini dilandasi dengan hipotesis-hipotesis sebagai berikut : (1) Model pembelajaran PAKEM memiliki kontribusi terhadap hasil belajar matematika; (2) Minat memiliki kontribusi terhadap model pembelajaran PAKEM; (3) Latar belakang siswa memiliki kontribusi terhadap model pembelajaran PAKEM; (4) Intelegensia memiliki kontribusi dengan model pembelajaran PAKEM; (5) Terdapat kontribusi antara bakat dan model pembelajaran PAKEM dengan hasil belajar matematika. Berdasarkan penelitian ini diharapkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA dapat ditingkatkan dengan kontribusi model pembelajaran PAKEM, karena hasil verifikasi membuktikan bahwa model pembelajaran PAKEM menjadi faktor-faktor penentu yang signifikan

Universitas Esa Unggul

 

Penulis:

  • Alberth Supriyanto Manurung
  • Abdul Halim

Download: