Deskripsi:

Kualitas layanan perpustakaan dapat dilihat dari sudut pemustaka.Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas layanan Perpustakaan Universitas Esa Unggul dari sudut pemustaka.Penelitian dilakukan di Perpustakaan Universitas Esa Unggul.Subjek ialah pemustaka mahasiswa S1 (n=80), S2 (n=10) dan dosen (n=10). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Libqual+TM yaitu suatu metode untuk mengukur kualitas layanan perpustakaan berdasarkan tiga dimensi yang dijadikan indikator pengukuran yaitu Affect of service (Sikap dan kemampuan petugas dalam melayani pemustaka), Information Control (Ketersediaan koleksi dan kemudahan akses informasi) dan Library as Place (Perpustakaan sebagai sebuah tempat).Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kualitas layanan di sudah memuaskan pemustaka. Hal ini dibuktikan bahwa nilai rata-rata harapan minimum yaitu 6,18 dan nilai rata-rata persepsi adalah 6,49sedangkan nilai rata-rata harapan yang diinginkan (desired) yaitu 6,18. Dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai rata-rata persepsi lebih tinggi dari harapan minimum, sehingga diperoleh nilai kesenjangan AG (Adequacy Gap) positif yaitu 0,29 dan nilai SG (Superiority Gap) sebesar 0,29

Universitas Esa Unggul

Penulis:

  • M Khaerudin,SE,M Hum ( 2020702031 )

Download: