Pengaruh Konsep Diri terhadap Perilaku Konsumtif Online Shopping pada Mahasiswi Pengguna Online Shopping di Universitas Esa Unggul

Pengaruh Konsep Diri terhadap Perilaku Konsumtif Online Shopping pada Mahasiswi Pengguna Online Shopping di Universitas Esa Unggul

Deskripsi :

Maraknya online shoppingkini memudahkan mahasiswi untuk membeli produk dan jasa yang diiginkan. Dengan kemudahan online shopping menyebabkan mahasiswi membeli tanpa memperhatikan kegunaan dari barang, sehingga sifatnya berlebihan atau yang dikenal dengan perilaku konsumtif. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif adalah konsep diri. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif online shoppingpada mahasiswi Universitas Esa Unggul. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif non-eksperimental, teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan jenispurposive sampling. Sampel dalampenelitian ini berjumlah 94 mahasiswi Universitas Esa Unggul. Alat ukur perilaku konsumtif online shoppingdengan 32 item valid dan nilai rreabilitas 0,942, sedangkan alat ukur konsep diri dengan 35 item valid dan nilai reabilitas 0,937. Hasil penelitian memperoleh nilai sig 0,307 (p>0,05) dengan nilai R Square 0,011 artinya tidak terdapat pengaruh konsep diriterhadap perilaku konsumtif online shoppingpada mahasiswi Universitas Esa Unggul, dengan pengaruh sebesar 1,1%. Hasil one way anovamenunjukkan tidak ada pengaruh banyaknya belanja dalam sebulan dengan nilai sig (p=0,205), tempat belanja onlinedengan nilai sig (p=0,806) dan pengeluaran belanja perbulan dengan nilai sig (p=0,595) dan barangyangpalingseringdibelidengan nilai sig 0,253(<0,05)terhadapperilakukonsumtifonlineshopping

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Novita Sidabutar, Sulis Mariyanti, Safitri

Download :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *