Deskripsi :

Hospitalisasi dapat menimbulkan kecemasan pada anak usia sekolah. Anak menjadi semakin cemas dan hal ini berpengaruh pada proses penyembuhan. Bagi anak yang dirawat di rumah sakit, untuk menghilangkan kecemasannya dapat dilakukan pemanfaatan buku sebagai media terapi yang disebut juga dengan biblioterapi. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh biblioterapi terhadap tingkat kecemasan efek hospitalisasi pada anak usia sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan metode Pra-Ekperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan one group pre-test dan post-test dengan sampel 39 responden. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecemasan pre-test dan post-test dilakukan intervensi biblioterapim dapat diketahui bahwa (mean) rata-rata tingkat kecemasan sebelum (pre-test) diberikan intervensi biblioterapi sebesar 3,95 (mean) rata-rata tingkat kecemasan setelah (post-test) diberikan intervensi biblioterpi sebesar 1,28. Hasil uji hipotesis Paired Simple T-Test pada tingkat kemaknaan 95% ( α = 0,05 menunjukkan bahwa nilai p value = 0,000) nilai p value < α, yaitu 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Hₐ diterima yang menunjukkan bahwa ada pengaruh biblioterapi terhadap tingkat kecemasan efek hospitalisasi pada anak usia sekolah di rumah sakit an-nisa Tangerang tahun 2019. Saran diharapkan bagi rumah sakit dapat menerapkan intervensi biblioterapi untuk anak yang menjalani hospitalisasi.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Siti Meilinda Cahyani

Download :