Deskripsi :

Penggunaan media pembelajaran khususnya media audio visual sangat kurang dalam pembelajaran IPA menyebabkan siswa memperoleh hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV
C SDN Duri Kepa 05. Penelitian ini menggunakan metode pre – experimental design jenis one grup pretest – posttest design. Teknik pengambilan sampel yang akan digunakan oleh peneliti adalah nonprobability sampling model sampling Purposive. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 28 siswa dari 31 siswa kelas IV C. Instrument penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 soal dan angket sebanyak 20 pernyataan. Sebelum instrumen digunakan terlebih dahulu di uji cobakan kepada 28 siswa kelas V B di SDN Duri Kepa 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata nilai pretest sebesar 59,29 dan nilai posttest
sebesar 75,07, untuk nilai signifikansi pada pretest sebesar 0,126, signifikansi untuk posttest sebesar 0,082, dan signifikansi media audio visual sebesar 0,200 masing – masing nilai signifikanisi lebih dari 0,05. pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai signifikannya yaitu 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan, sedangkan nilai t nya yaitu sebesa 12,515 yang berarti bahwa nilai pretest lebih kecil dari pada posttest sebesar 12,515 sehingga dapat dinyatakan bahwa media audio visual berepengaruh positif secara signifikan terhadap hasi belajar.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Tahan Suci Windasar,  Harlinda Sofyan

Download :