Deskripsi :

Membangun niat beli (buying intention) merupakan faktor penting dalam manajemen pemasaran, hal ini disebabkan karena niat beli merupakan alat mendeteksi terjadinya pembelian sebenarnya (actual buying), termasuk pembelian yang dilakukan melalui transaksi online. Permasalahannya adalah sebagian penyedia jasa online (market place) sangat diminati sementara sebagian lagi kurang diminati oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih tempat belanja online (online market place), atau faktor apasaja yang dipersepsikan oleh konsumen sebagai hal yang mendorong mereka untuk berniat melakukan pembelian.Faktor yang dianalisis dalam penelitian ini adalah, faktor kemudahan penggunaan aplikasi, faktor kepercayaan terhadap penyedia jasa dan faktor lain yang dapat mendorong keinginan untuk membeli.

Metode kausalitas digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode regresi berganda sebagai alat membuktikan hipotesis. Pengumpulan data primer menggunakan instrument kuesioner yang disusun dari indikator-indikator setiap variabel, dengan menggunakan 170 sampel yang dipilih dengan metode purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan konsumen dipengaruhi oleh faktor kemudahan aplikasi dalam melakukan transaksi serta faktor testimoni (review). Selanjutnya faktor kemudahan dan tingkat kepercayaan mempengaruhi tingkat keinginan membeli pada online market place. Temuan penelitian menunjukkan bahwa testimony atau word of mouth mempengaruhi tingkat kepercayaan namun tidak mempengaruhi niat beli konsumen. Implikasi penelitian menunjukkan jika penyedia jasa ingin meningkatkan minat beli maka faktor kemudahan penggunaan aplikasi dalam melakukan transaksi harus menjadi pertimbangan utama.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

  • Rini Agustin
  • Hasyim Hasyim

Download :