Deskripsi :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi resiko terhadap Keputusan Pembelian online melalui Kepercayaan sebagai variabel intervening pada konsumen pengguna aplikasi instagram di Jabodetabek. Penelitian ini dilakukan pada konsumen instagram di Jabodetabek yang sudah melakukan pembelian sebanyak dua kali atau  lebih. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 155 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling.

Jenis penelitian ini adalah asosiatif yang bersifat kausal dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analysis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Persepsi Kemudahan dan Persepsi Resiko berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian online di media sosial Instagram. 

Kepercayaan berhasil menjadi variabel Intervening bagi Persepsi Kemudahan  karena memiliki nilai pengaruh tidak langsung yang lebih besar dibandingkan dengan pengaruh langsungnya. Kepercayaan tidak terbukti sebagai variabel mediasi antara persepsi resiko dan keputusan pembelian online di media sosial Instagram

Universitas Esa Unggul

Penulis :

  • R.A Nurlinda, SE., MM
  • Putri Utami

Download :