Universitas Esa Unggul Menggelar Seminar

Universitas Esa Unggul Menggelar Seminar

Esaunggul.ac.id, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Esa Unggul, Bidang Seni Budaya dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan seminar kewirausahaan dengan tema Optimalkan Media Sosial dan Word Of Mouth Marketing yang digelar di 811, Kampus UEU Jakarta (Kamis, 30 Juni 2022).

Salah satu Narasumber dalam acara tersebut yakni, Dosen FEB & Kepala Lembaga Kesiapan Kerja dan Pengembangan Kewirausahaan Universitas Esa Unggul, Dr. Ferryal Abadi, M. Si menjelaskan bahwa saat ini merupakan era digitalisasi, sehingga dalam berwirausaha harus mempunyai kemampuan menggunakan pemasaran digital. Word Of Mouth juga merupakan faktor yang sangat penting dalam mendapatkan konsumen maupun mempertahankan Konsumen.

“Word of Mouth atau Pemasaran kata dari mulut, yang sering kita dengar salah satu cara efektif untuk mempromosikan produk wirausaha kita secara digital menggunakan media sosial kita, cara ini tentunya sangat umum dilakukan oleh banyak Identifikasi Konsumen Potensial Memberikan Rekomendasi pelaku usaha untuk meraih banyak konsumen,” terangnya.

Ferryal pun menerangkan cara untuk melakukan metode marketing media sosial dengan metode word of mouth, pertama Berikan Pelayanan Terbaik Pada Konsumen Strategi pertama word of mouth adalah memberikan pelayanan terbaik pada konsumen. Hal ini membuat pelanggan merasa diperhatikan dan diprioritaskan. Saat pembeli puas dengan pelayanan Anda, maka tanpa diminta mereka akan mempromosikan bisnis Anda kepada orang lain.

Para Pembicara di Seminar

Para Pembicara di Seminar

Kedua Minta Konsumen Memberi Testimoni Bila bisnis Anda baru berdiri dan belum memiliki pelanggan, cara pertama menjalankan strategi pemasaran word of mouth adalah meminta konsumen memberikan testimoni. Jika testimoni yang diberikan bagus, Anda bisa menjadikannya sebagai bahan promosi agar orang lain lebih percaya.

“Ketiga, Terima Saran Perbaikan dari Konsumen Tidak selamanya konsumen akan memberikan testimoni bagus, terkadang testimoni dari mereka malah bisa berbalik menyerang bisnis Anda. Tapi hal tersebut seharusnya tidak Anda permasalahkan.

Kemudian, sediakan Konten untuk Konsumen Bagikan Strategi berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat konten yang dapat dibagikan konsumen. Konten di sini tidak harus selalu konten hard-selling. Anda juga dapat membuat konten untuk menyenangkan hati konsumen, seperti konten twibbon dan permainan.

“Dan kelima, bangun Interaksi dengan Konsumen di Medsos Saat ini, membangun interaksi kuat dengan konsumen di media sosial adalah salah satu contoh word of mouth terkuat. Sebutan lain untuk hal ini adalah engagement,” terangnya.

Harizah Persiana, Ka. Bid OKK HIPMI JAYA & Founder Sekolah Merdeka Belajar, salah satu pembicara lain dalam seminar ini mengatakan bahwa berwirausahaan harus dimulai sejak jadi mahasiswa, Ibu Hariza membagi pengalamannya sejak mahasiswa sudah mulai berwirausaha hingga saat ini mempunyai beberapa usaha dari property hingga sekolah. Ibu Hariza pun menjelaskan betapa pentingkan pemasaran digital dan Word of Mouth dalam menjalankan usaha.

Acara ini dilaksanakan Ruang 811, Gedung A dengan moderator Elmiza Martadani yang saat ini sebagai staff BPKI Universitas Esa Unggul. Acara ini dimulai dengan pemaparan dari 2 mahasiswa yang sedang merintis usaha dan mendapatkan hibah Wirausaha Kemenpora 2021 yaitu Priska Dewi dan Sarasvati.

Tujuan seminar ini adalah membangun jiwa kewirausahaan, sharing ilmu serta mengetahui secara komprehensif tentang pemanfaatan media sosial dalam berwirausaha, agar dapat diimplementasikan untuk bersaing secara global terutama dikalangan Mahasiswa/i Universitas Esa Unggul.

Seminar ini dihadiri berbagai mahasiswa dari semua Fakultas. Peserta sangat antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir. Dan diakhir acara panitia membagikan doorprize kepada peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari kedua narasumber.