Publish : Februari 2020

Deskripsi :

Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengidentifikasi preferensi
mahasiswa terhadap pelayanan perkuliahan. Lokasi penelitian dilakukan di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Serang. Penelitian ini mempergunakan kuisioner dengan total responden
sebanyak 120 mahasiswa. Metode yang dipergunakan dalam menganalisa preferensi mahasiwa dengan menggunakan analisa conjoint dan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 11,5. Pembuatan kuisioner sampai data diproses dilakukan dengan bantuan analisa konjoin. Berdasarkan hasil penelitian didapat tingkat kepentingan preferensi
mahasiswa terhadap atribut ukuran kelas sebesar 35,71%, preferensi
mahasiswa terhadap atribut fasilitas penunjang sebesar 33,68%, dan
preferensi mahasiswa terhadap atribut metoda pengajaran sebesar 30,61%.
Untuk atribut ukuran kelas urutan utilitasnya adalah ukuran kelas sedang
(0,1833), ukuran kelas kecil (-0,0137) dan ukuran kelas besar (-0,1694).

Untuk atribut fasilitas penunjang urutan utilitasnya adalah fasilitas
laboratorium komputer (0,4250), sarana perpustakaan (0,0833 ) dan fasilitas
olah raga (-0,5063). Untuk atribut metoda pengajaran urutan utilitasnya adalah metoda pengajaran studi kasus (0,2889), metoda diskusi (0,0944) dan metode ceramah(-0,3833 ). Berdasarkan hasil kuisioner yang kemudian diolah dengan menggunakan analisa konjoin dan regresi linier berganda, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa menyukai metoda pengajaran studi kasus, ukuran kelas sedang dan fasilitas penunjang berupa laboratorium komputer. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai tiap-tiap atribut dari pelayanan perkuliahan. Analisa konjoin juga dapat memberikan hasil analisa preferensi mahasiswa terhadap ketiga atribut sehingga dapat memberikan masukan untuk pengambil keputusan di jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitaqs Sultan Ageng Tirtayasa Serang.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Deswita Herlina

Download :