Seminar Sosialisasi Tracer Study dan Konseling Mahasiswa

Seminar Sosialisasi Tracer Study dan Konseling Mahasiswa

Share


Seminar Sosialisasi Tracer Study dan Konseling Mahasiswa

Seminar Sosialisasi Tracer Study dan Konseling Mahasiswa

Seminar Sosialisasi Tracer Study dan Konseling Mahasiswa

Lulusan perguruan tinggi di Indonesia setiap tahunnya, mulai dari lulusan Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor, sangat banyak. Namun, selama ini di Indonesia tidak semua perguruan tinggi memiliki rekam jejak lulusan alumninya. Kondisi ini mengakibatkan hampir tidak ada umpan balik dari lulusan untuk perbaikan kualitas pendidikan bagi perguruan tinggi itu sendiri.

Umpan balik yang diberikan alumni, pada umumnya dapat bermanfaat dalam membantu perguruan tinggi untuk perbaikan sistem dan pengelolaan pendidikan. Cara memperoleh umpan balik tersebut adalah dengan pelaksanaan Tracer Study. Selain itu, Tracer Study sangat diperlukan untuk akreditasi baik nasional maupun internasional.

Acara Tracer Study yang diselengarakan oleh Biro Konseling dan Karier Universitas Esa Unggul pada tanggal 30 November 2016 dibuka oleh Warek I bidang akademik, Dr. Roesfiansyah Rasyidin dan mengadirkan pembicara Dr. drg. Sandra Fikafati, MPH, Ahmad Syafiq, Ph.D dan Dra. Sulis Maryanti, M. Psi.

Pembicara di Acara Tracer Study

Pembicara di Acara Tracer Study

Pembicara yang di undang perupakan para pejabat di Universitas Indonesia berkaitan dengan alumni, career center, dan tracer study Universitas Indonesia. Disini juga dipaparkan hasil tracer study Universitas Esa Unggul 2016 untuk lulusan S1 dan S2 tahun 2014.

Devi Latif sebagai Kepala Biro Konseling, Pusat Karier dan Tracer Study memaparkan, salah satu hasil yang dapat dilihat umumnya lulusan Universitas Esa Unggul berkerja di perusahan swasta dan tingkat pendidikan yang di butuhkan pada pekerjaan yang di peroleh lulusan sudah setingkat atau sesuai, tracer study juga di lakukan secara online sejak tahun 2013 agar mempermudah mendapatkan hasil dari alumni, tetutama setelah mereka 2 tahun mereka setelah lulus.

Saat ini semua perguruan tinggi dituntut harus melalukan tracer study sebagai salah satu bentuk tanggung jawab terhadap lulusan untuk mengetahui sejauh mana peran alumni dimasyarakat, tracer study sangat di perlukan karena datanya dapat dimanfaatkan oleh pihak intern dan ekstern serta untuk mengevaluasi dan memberikan kuriklum agar dapat bersinergi dengan industri terkait sehingga alumni dapat mudah terserap pasar kerja atau berwirausaha sendiri.

Foto Bersama

Foto Bersama


-- Download Seminar Sosialisasi Tracer Study dan Konseling Mahasiswa as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2016 © Universitas Esa Unggul
Animated Social Media Icons Powered by Acurax Wordpress Development Company