Memperingati "Hari Pangan Sedunia" Peran Pertanian Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Bangsa Indonesia

Memperingati “Hari Pangan Sedunia” Peran Pertanian Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Bangsa Indonesia, Fakultas Ilmu Kesehatan – Ilmu Gizi

Share

Memperingati “Hari Pangan Sedunia” Peran Pertanian Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Bangsa Indonesia, Fakultas Ilmu Kesehatan – Ilmu Gizi

Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia 2015, Program Studi Ilmu Gizi Universitas Esa Unggul menyelenggarakan dengan semarak berbagai macam acara dengan judul kegiatan mengembangkan hasil pertanian lokal demi mencapai kualitas hidup dan kesejahteraan nasional. Acara ini berlangsung sangat menarik dan meriah, mulai dari penyuluhan, lomba poster, lomba kreasi pangan, pameran media edukasi gizi dan acara puncak seminar nasional. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Gizi Esa Unggul dengan dukungan oleh HMJ, NC Program Studi Ilmu Gizi dan didukung oleh Yayasan Institut Danone Indonesia.

Penyuluhan diselenggarakan di Desa Kelor Kabupaten Tangerang, dengan sasaran penyuluhan 17 RT. Penyuluhan yang dilakukan selama 2 hari yaitu tanggal 17 dan 18 Oktober 2015, dan dihadiri oleh sekitar 475 orang. Sasaran dalam penyuluhan ini merupakan para wanita tani dan ibu rumah tangga agar mereka bisa memanfaatkan hasil pertanian dalam berbagai inovasi atau kreatifitas yang bisa memiliki nilai tinggi dan juga akan mendapatkan penyuluhan mengenai cara mengoptimalkan hasil pertanian.

Rangkaian kegiatan lainnya yang diselenggarakan adalah lomba kreatifitas (poster) untuk tingkat mahasiswa dan masyarakat. Adapun tema pada lomba ini mengenalkan hasil pertanian Indonesia dan pangan lokal. Lomba kreatifitas ini dibagi menjadi dua kategori yaitu poster homemade dan poster digital, yang masing-masing diikuti oleh 7 orang peserta dan 19 orang peserta dengan hadiah untuk pemenang poster homemade/digital juara 1 mendapatkan Rp.500.000 dan juara 2 sebesar Rp. 300.000.

Kegiatan yang tidak kalah menarik adalah lomba masak dan penghidangan, pada lomba ini peserta lomba diharapkan menciptakan suatu inovasi dan kreatifitas dalam mengolah bahan pangan lokal yaitu tempe sebagai bahan dasarnya. Lomba ini diikuti oleh 12 orang peserta, dengan 2 kategori yaitu untuk mahasiswa dan para dosen/staf Universitas Esa Unggul. Semenarik acara dan kreatifitasnya, hadiah yang ditawarkan dalam kegiatan ini pun sangat menarik. Untuk juara 1 mendapatkan Rp.1.000.000 dan untuk juara 2 Rp.750.000, sedangkan untuk juara favorit mendapatkan Rp.250.000.

Acara puncak dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari pangan sedunia  ini adalah seminar nasional dengan tema “New Emerging : Obesity” yang dihadiri oleh tidak kurang dari 500 peserta. Seminar ini diikuti oleh berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, masyarakat umum dan petugas kesehatan. Seminar ini mengundang 3 orang pembicara yang ternama dibidang gizi antara lain dr. Widjaja Lukito, Ph.D. Sp.GK, Idrus Jus’at, Ph.D dan Ir. Doddy Izwardy, MA. Pada seminar ini, para pembicara membahas mengenai masalah obesitas di Indonesia, Pencegahan sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan hingga program pemerintah (Kementerin Kesehatan) dalam upaya penaggulangan masalah obesitas yang sudah menjadi fenomena baru di Indonesia dan dunia.

Tidak hanya itu saja, pada seminar nasional ini pun diadakan pameran hasil karya mahasiswa gizi yang berupa x-banner dan leaflet yang bertemakan obesitas. Mahasiswa dalam tidak sekedar melakukan pameran, namun melakukan interaksi dengan pengunjung seminar dengan menjelaskan dan melakukan edukasi gizi.

Diharapkan pada peringatan Hari Pangan Se-Dunia tahun depan, kreatiftas dan kegiatan serupa akan lebih baik lagi dan banyak memberikan manfaat bagi masyarakat pada umumnya. Dan Program Studi Ilmu Gizi Universitas Esa Unggul lebih banyak memberikan kontribusi pada masyarakat khususnya dalam kegiatan terkait pangan dan gizi.


-- Download Memperingati "Hari Pangan Sedunia" Peran Pertanian Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Bangsa Indonesia, Fakultas Ilmu Kesehatan - Ilmu Gizi as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Social Media Icons Powered by Acurax Web Development Company