Esa Unggul Sambut Perguruan Tinggi Filipina Pelajari Sistem Pemerintahan Di Indonesia

Esa Unggul Sambut Perguruan Tinggi Filipina Pelajari Sistem Pemerintahan Di Indonesia

Share


Seminar Internasional oleh Perguruan Tinggi Asal Filipina

Seminar Internasional oleh Perguruan Tinggi Asal Filipina

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Perguruan Tinggi di Filipina yakni Academy For Development In Administration And Management (ADAM) mengadakan kunjungan dan visitasi ke Esa Unggul untuk mempelajari sistem pemerintahan di Indonesia yang terkait dengan Hukum, Demokrasi dan Administrasi birokrasi Pemerintahan.

Direktur ADAM, Carol Ramirez-Barrete,DPA, Ph.D menjelaskan kunjungan ADAM tersebut merupakan langkah bagi civitas di Filipina untuk mengetahui mengenai berbagai macam hal terkait sistem kepemerintahan yang ada di Indonesia. Dipilihnya Indonesia sebagai negara untuk mempelajari sistem pemerintahan dikarenakan Indonesia salah satu negara yang memiliki sistem pemerintahan terbaik di Asia Tenggara.

“Kedatangan kami ke sini untuk mempelajari dan membandingkan sistem pemerintahan yang diterapkan oleh beberapa negara, khususnya di wilayah ASEAN, kami memilih Indonesia sebagai negara yang bagus untuk meneliti tentang birokrasi pemerintahannya seperti di bidang hukum, adminitrasi pemerintahan dan demokrasi,” tutur Carol, di Universitas Esa Unggul, Jakarta Barat, Jumat (18/08/2017).

Carol pun menerangkan ADAM sebagai intitusi yang khusus mempelajari Managemen adminitrasi pemerintahan telah lama meneliti tentang beberapa sistem di beberapa negara regional Asia tenggara, hal ini dilakukan agar mereka dapat mempelajari berbagai struktur birokrasi pemerintahan dan membawanya ke dalam sistem pemerintahan Filipina.

“Kolaborasi dengan perguruan tinggi di beberapa tempat seperti ini dilakukan sebagai salah satu best practice bagi kami civitas dan mahasiswa ADAM, agar kami bisa berkontribusi langsung terhadap kekurangan yang terdapat dalam sistem pemerintahan Filipina,” ujarnya.

Dia pun berharap nantinya dari hasil kolaborasi ini dapat menghasilkan komunikasi antar institusi akademik dalam meneliti sistem pemerintahan negara masing-masing dan juga adanya transfer peserta didik serta tenaga didik untuk mengenal birokrasi adminitrasi negara masing-masing.

“Saya berharap ke depannya institusi Perguruan Tinggi Filipina dapat berkolaborasi aktif dengan perguruan tinggi di Asean khususnya di Indonesia terhadap sistem di negaranya masing-masing,” katanya.

Dekan Fakultas Hukum Esa Unggul dan beberapa Civitas dari ADAM

Dekan Fakultas Hukum Esa Unggul dan beberapa Civitas dari ADAM

Sementara itu Dekan Fakultas Hukum Esa Unggul Dr. Wasis Susetio, SH.,MH, MA mengatakan kunjungan Perguruan Tinggi ADAM ke Esa Unggul merupakan langkan kampus Esa Unggul untuk mewakili Indonesia lewat kerja sama akademik memperkenalkan tentang berbagai sistem Birokrasi baik dari Hukum, administrasi dan demokrasi di Indonesia.

“Kunjungan mereka ke Esa Unggul untuk melakukan visitasi dan seminar internasional mengenai birokrasi,
Esa unggul menjadi reprentasive Indonesia untuk mengenalkan terkait hal tersebut kepada mahasiswa ADAM yang kebanyakan merupakan mahasiswa S2 dan S3,” ujar Wasis.

Dia pun melanjutkan selain mengadakan seminar internasional di Esa Unggul, ADAM pun melakukan kunjungan ke beberapa Lembaga pemerintah seperti Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung. Ini dilakukan untuk melihat secara langsung sistem birokrasi pemerintahan di Indonesia.

“Sehabis melakukan seminar internasional, mereka pun akan melakukan kunjungan langsung ke Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung serta Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia,” tuturnya.

Wasis pun berharap dari kunjungan ADAM ini, Esa Unggul dapat mempelajari sistem negara-negara di kawasan Asia Tenggara khususnya Filipina. ” Semoga dengan kunjungan dan seminar Internasional ini mahasiswa Esa Unggul khususnya Fakultas Hukum dapat mempelajari sistem birokrasi di negara-negara Asean. Selain itu mudah-mudahan nama Esa Unggul lebih dikenal di kawasan dan semakin Go internasional,” Tutupnya.


-- Download Esa Unggul Sambut Perguruan Tinggi Filipina Pelajari Sistem Pemerintahan Di Indonesia as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul