Deskripsi:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara pemberian reward and pusnishment terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Merak I Tangerang dan seberapa besar sumbangan pengaruh pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasinya seluruh siswa kelas IV SDN Merak 1 Tangerang yang berjumlah 38 siswa. Sedangkan teknik pengambilan Sampel didasarkan pada rumus slovin yang menghasilkan jumlah 38 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner(angket), observasi dan dokumentasi. Pengujian instrumen meliputi uji validitasdan reliabilitas. Data Penelitian berupa data angket dan dokumentasi motivasi belajar siswa yang dianalisis dengan uji t menggunakan bantuan program aplikasi SPSS20. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas IV . Hal ini diperoleh melalui perhitungan analisis uji tregresi diketahui thitung sebesar 9,096 sedangkan ttabel sebesar 0,3932. Karena thitung (9.096) > ttabel (0,3932) dan dengan uji signifikansi diketahui nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa (2) Besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh X (reward and punishment) terhadap Y (Motivasi Belajar Siswa) adalah 82,1 %, yang mempunyai arti bahwa prediktor pemberian reward and punishment memiliki daya pengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 81,2 % dan sisanya 18,8 % dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini.

Penulis :

Ima Melinda (2013-91-010)

Download :