Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Pendaftaran Pasien Baru Rawat Jalan Tahun 2014 RSPAD Gatot Soebroto

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Pendaftaran Pasien Baru Rawat Jalan Tahun 2014 RSPAD Gatot Soebroto

 

Deskripsi:

ABSTRAK UNIVERSITAS ESA UNGGUL FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMASI KESEHATAN SKRIPSI, 27 FEBRUARI 2014 HESTI WULANDARI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN BARU RAWAT JALAN DI RSPAD GATOT SOEBROTO TAHUN 2014 6 BAB, 93 Halaman, 19 Tabel, 3 Gambar, 5 Lampiran Latar Belakang:Kepuasaan pasien umumnya dapat terjadi karena adanya perbedaan perlakuan dari pemberi pelayanan (health provider) terhadap pasien secara individual (health receiver). Kepuasan mempunyai peranan yang cukup penting dalam meningkatan profitabilitas rumah sakit dan untuk memahami kebutuhan pasien yang diinginkan, petugas memahami faktor-faktor yang dapat membuat pasien puas dengan pelayanan pendaftaran yang diberikan, petugas harus dapat memenuhi harapan-harapan pasien yang sesuai dengan kebutuhannya. Tujuan:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan pendaftaran pasien baru Rawat Jalan di RSPAD Gatot Soebroto tahun 2014. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode survey cross-sectional, pendekatan penelitian kuantitaf menggunakan study deskritif anality terhadap 188 pasien baru rawat jalan yang mendapatkan pelayanan di pendaftaran di RSPAD Gatot Soebroto. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil : Hasil penelitian ini mengambarkan bahwa rerata skor kepuasan pasien 60,10%,faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan pendaftaran rata-rata umur responden 40 (55%), pengahasilan Rp 3.000.0000-Rp 5.000.000 (56%), pendidikan sarjana 75%, Pekerjaan TNI/Polri 72%, berpengetahuan baik 63%, berpengalaman menerima pelayanan kesehatan 95%.Rata-rata skor kepuasan pasien 60,10%, hasil uji statistic Chi squere menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan anatara kepuasan pasien terhadap faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien di RSPAD Gatot Soebroto (p<0,05). kesimpulan: Rumah sakit di harapkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan melakukan survey kepuasan pasien terhadap pelayanan pendaftaran pasien baru secara rutin. Dan hasil survey segera di tindak lanjuti, serta mengadakan pelatihan pelayanan prima kepada petugas pendaftaran guna meningkatkan kualitas pelayanan di RSPAD Gatot Soebroto.

Penulis :

Hesti Wulandari ( 2010-34-013)

Download : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *