Deskripsi :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi dan Kepuasan menonton siswa/i kelas XII SMK BAKTI IDHATA JAKARTA terhadap vlog Arief Muhammad di YouTube. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey secara tatap muka langsung dengan responden. Untuk menentukan jumlah sampel, penulis menggunakan teknik sensus dikarenakan jumlah populasi berjumlah 89 orang. Dari keempat unsur motivasi terdapat satu yang bernilai tinggi yaitu motivasi pengetahuan mencapai 62% dan bernilai sedang yaitu motivasi kepentingan sosial dengan 43%. Sedangkan dua unsur yang bernilai rendah adalah motivasi hiburan yang 51% dan motivasi pelarian mencapai 38%. Kepuasan menonton siswa/i Skelas XII SMK BAKTI IDHATA JAKARTA memiliki nilai yang tinggi yaitu dimensi kepuasan informasi sebanyak 57%, kepuasan identitas pribadi sebanyak 53%, kepuasan integrase sebanyak 69%, kepuasan interaksi sosial sebanyak 51%, dan kepuasan hiburan sebanyak 48%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan Arief Muhammad harus lebih memperhatikan kembali dalam memotivasi penonton agar dapat meningkatkan kualitas diri agar lebih baik. 

Penulis :

Wisnu Saputra ( 2013-58-093 )

Download :