Deskripsi :

Kepuasan layanan pasien BPJS di Rumah Sakit berhubungan dengan kinerja petugas kesehatan dalam menjalankan tugas ketika melayani pasien tersebut. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan social nasional (SJSN/JKN), berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara kepuasan layanan pasien BPJS dengan kinerja petugas kesehatan di Poli Rawat Jalan RSIA Harapan Mulia Tangerang Tahun 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Populasi adalah semua pasien BPJS yang berkunjung ke poli rawat jalan RSIA Harapan Mulia Tangerang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Accidental Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 87 responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif (univariat) dan bivariat (uji chi-square α = 0,05). Hasil penelitian didapatkan bahwa sebanyak 49 responden (56,3%) memiliki penilaian kinerja petugas kesehatan yang baik, sebanyak 51 responden (52,1%) menyatakan kurang puas, terdapat hubungan yang bermakna antara kinerja petugas kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS di poli rawat jalan RSIA Harapan Mulia Tangerang Tahun 2018 (Pvalue = 0,003). Dapat disimpulkan bahwa kinerja petugas kesehatan berhubungan dengan kepuasan pasien, semakin baik kinerja petugas kesehatan, maka semakin puas pula pasien, dan atau sebaliknya. Bagi RSIA Harapan Mulia Kabupaten Tangerang untuk lebih meningkatkan lagi kualitas kinerja petugas kesehatannya dalam memberikan pelayanan, dengan cara mengadakan seminar, pelatihan, atau dengan memberikan insentif bagi pekerja yang berprestasi.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

  • Erlina Puspitaloka Mahadewi
  • Ade Heryana 
  • Saroh Kuswanti

Download :