Kegiatan Lesson Study Dalam Pembelajaran

Deskripsi:

Lesson Study adalah kegiatan pembinaan terhadap dosen dengan melakukan persiapan (plan), pelaksanaan (do), refleksi (check atau see) dan tindak lanjut (act). Plan menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa diharapkan mahasiswa dapat berpartisipasi aktif. Do dilakukan dengan melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan proses yang berorientasi kepada mahasiswa (student centre learning). Model pembelajaran yang dimaksud terdiri dari metode contextual instruction, small group discussion, cooperative learning, project base learning atau simulation, discovery learning, collaborative learning, self directed learning, dan problem base learning. Check atau See dilakukan dalam bentuk diskusi yang dimulai dari penyampaian kesan-kesan dosen yang telah mempraktikkan pembelajaran dengan menyampaikan komentar atau kesan umum maupun kesan khusus atas proses pembelajaran yang dilakukannya. Semua dosen pengamat menyampaikan tanggapan atau saran secara bijak terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan tanggapan disampaikan dengan dukungan bukti-bukti yang diperoleh. Act dilakukan untuk perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran, baik untuk individual maupun lembaga. Berbagai temuan dan masukan berharga yang disampaikan pada saat diskusi dalam tahapan tindak lanjut ini dapat menjadi modal bagi para dosen pada saat mengajar ataupun menjadi dosen pengamat untuk mengembangkan proses pembelajaran ke arah lebih baik.

Penulis:

Mulyo Wiharto

Download: