Publish : Desember 2019

Deskripsi :

Mahasiswa adalah individu yang belajar di perguruan tinggi. Dalam perguruan tinggi tentu mahasiswa dituntut untuk lebih aktif dan mandiri dalam mengelola kegiatan belajarnya. Proses ini disebut sebagai kemandirian belajar, yaitu mahasiswa dapat menentukan dan mengatur kegiatan belajar sendiri tanpa tergantung dengan orang lain. Kenyataan yang terjadi di Universitas Esa Unggul masih banyak mahasiswa yang belum memiliki kemandirian belajar. Adapun salah satu faktor yang melatarbelakanginya yaitu motivasi belajar. Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui adakah hubungan antara kemandirian belajar dengan motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Esa Unggul.

Penelitian ini bersifat kuantitatif non-eksperimental, dengan menggunakan
teknik statistik korelasional yaitu untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar (self directed learning) dengan motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Esa Unggul. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Esa Unggul angkatan 2010 dan 2011 reguler aktif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan alat ukur skala. Dalam uji validitas menggunakan Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,938 untuk variabel motivasi belajar dan koefisien reliabilitas sebesar 0,964 untuk variabel kemandirian belajar. Hasil analisis data dari penelitian ini yaitu menunjukkan terdapat hubungan positif rendah yang signifikan antara kemandirian belajar dengan motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Esa Unggul. Artinya semakin rendah kemandirian
belajar maka semakin rendah motivasi belajar.

Sebaliknya semakin tinggi kemandirian belajar maka semakin tinggi motivasi belajar. Dimensi kemandirian yang memiliki hubungan signifikan adalah dimensi kemandirian dalam pelaksanaan belajar dengan motivasi belajar intrinsik. Artinya semakin rendah kemandirian dalam pelaksanaan belajar maka semakin rendah motivasi belajar intrinsik dan sebaliknya. Kemandirian belajar pada mahasiswa Universitas Esa Unggul cenderung berada pada ketegori rendah. Artinya, masih banyak mahasiswa yang tidak mampu mandiri dalam mengelola kegiatan belajarnya. Motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Esa Unggul cenderung berada pada ketegori rendah. Artinya, masih banyak mahasiswa yang tidak mempunyai target dalam pembelajaran.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Siti Yulfa Sakinah

Download :