Deskripsi :

Penelitian ini mendeskripsikan secara menyeluruh mengenai gambaran budaya keselamatan pasien dengan menggunakan metode AHRQ di rumah sakit Anna Medika tahun 2018. Penelitian dilakukan dengan menggunakan
potong lintang dan metode AHRQ dengan pengukuran 12 dimensi berdasarkan kuesioner Hospital Survey on Patient Safety Culture (HSPSC) dan akan dinilai prosentase respon positif dari setiap dimensi sehingga
menghasilkan kategori baik, sedang dan kurang. Hasil penelitian menyebutkan gambaran budaya keselamatan pasien berdasarkan metode AHRQ pada pegawai RS. Anna Medika Kota Bekasi Tahun 2018 adalah sebesar 71,97%. Data ini diperoleh dari nilai rata-rata respon positif terhadap harapan dan tindakan atasan dalam mempromosikan keselamatan pasien sebesar 86,79%, respon positif terhadap organization learning perbaikan berkelanjutan sebesar 99,79%, respon positif terhadap kerja sama dalam unit di rumah sakit sebesar 98,33%, respon positif terhadap komunikasi terbuka sebesar 93,14%, respon positif terhadap umpan balik dan komunikasi mengenai kesalahan 93,33%, respon positif terhadap respon tidak menyalahkan sebesar 62,42%. Respon positif
terhadap staffing sebesar 40,29%, respon positif terhadap dukungan manajemen terhadap upaya keselamatan pasien sebesar 52,40%, respon positif kerja sama antar unit sebesar 60,75%, respon positif terhadap pergantian shif dan perpindahan pasien sebesar 77,27%, respon positif terhadap keseluruhan persepsi tentang keselamatan pasien sebesar 79,54%, dan respon positif terhadap frekuensi pelaporan kejadian sebesar 25,85%.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Deasy Febriyanty, Desyawati Utami

Download :