[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Disiplin Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Rumah Sakit (Studi Kasus Pada Karyawan RS Kartika Husada Tambun)

Deskripsi:

Kinerja karyawan adalah hasil secara kualitas dan kuantitas yang dapat diapai seorang karyawan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Sistem penilaian kinerja adalah proses yang mengukur kinerja karyawan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan antara lain : personal factors, leadership factors, team factors, system factors, contextual / situasional factors. Tujuan penelitian adalah untuk memberikan bukti empiris dan analisis pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan RS Kartika Husada Tambun. Desain penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan tipe riset kausalitas melalui pengujian multiple regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan RS Kartika Husada Tambun dengan jumlah sampel sebanyak 133 orang. Teknik pengambilan sampel secara convenience sampling, horizon waktu one shot study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Gaya kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja, (2) Gaya Kepemimpinan berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja, (3) Budaya Organisasi berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja, (4) Disiplin Kerja berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja. Temuan penelitian menunjukkan bahwa karyawan rumah sakit memiliki disiplin kerja yang tinggi untuk meningkatkan kinerja. Implikasi penelitian agar Direktur RS lebih memperhatikan kebutuhan karyawan terlebih pada gaya kepemimpinan, diberikan disiplin kerja, diterapkan budaya organisasi yang dijalankan untuk meningkatka kinerja karyawan yang lebih baik.

Penulis:

  1. Avian Ratna Furi
  2. Rokiah Kusumadipradja

Download:

Jurnal Selengkapnya:
LEMBAGA PENERBITAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL (E-Jurnal)