Deskripsi :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh spiritualitas kerja terhadap kepemimpinan guru, sehingga diperoleh konstruk dan model pengembangan kepemimpinan guru dari faktor spiritualitas kerja. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar “X” Jakarta. Metode penelitian
kuantitatif ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kausal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket. Subjek penelitian adalah semua guru wali kelas di Sekolah Dasar “X” Jakarta yang berjumlah 30 guru dengan teknik pengambilan sampel sampling jenuh. Hasil analisis
menunjukan bahwa spiritualitas kerja terhadap kepemimpinan guru memiliki korelasi sebesar 0,942 atau 94,2% dan sumbangan efektifnya sebesar 0,887 atau 88,7%. Selain itu, hasil pengujian hipotesis (uji t) diperoleh t-hitung = 14,825 > t-tabel = 2,048 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 berarti tolak H0dan terima H1. Berdasarkan data tersebut, bermakna bahwa variabel spiritualitas kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepemimpinan guru. Implementasi dari hasil analisis diatas menjadi dasar pertimbangan dilanjutkannya konstruk dan model pengembangan kepemimpinan guru dari faktor spiritualitas kerja

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Vivi May Kumala, Ratnawati Susanto

Download :