Deksripsi:

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan penggunaan kalimat baku dan kalimat efektif dalam karangan argumentasi siswa SMA kelas XII IPS PPLS di BKB Nurul Fikri Kranggan, Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis berupa karangan argumentasi siswa SMA kelas XII IPS PPLS di BKB Nurul Fikri Kranggan, Bekasi. Sampel diambil secara acak sebanyak sepuluh karangan dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 25 orang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kesalahan berbahasa yang berkaitan dengan kalimat baku antara lain: 1) penggunaan struktur kalimat yang tidak baku sebanyak 23 kesalahan, 2) penggunaan ejaan yang tidak baku sebanyak 19 kesalahan, dan 3) penggunaan kata-kata tidak baku sebanyak 14 kesalahan. Sementara itu, kesalahan penulisan kalimat efektif yang terlihat dalam karangan argumentasi siswa disebabkan oleh 1) ketidaksepadanan atau ketidaksatuan gagasan sebanyak 20 kesalahan, 2) ketatabahasaan yang kurang benar sebanyak 16 kesalahan, 3) ketidakhematan kata sebanyak 13 kesalahan, 4) ketidakpaduan kalimat sebanyak 5 kesalahan, 5) keambiguitasan kalimat sebanyak 4 kesalahan, dan 6) kelogisan kalimat sebanyak 2 kesalahan. Analisis kesalahan tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi bagi guru untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menggunakan kalimat baku dan efektif ketika menulis sebuah karangan, khususnya karangan argumentasi.

Universitas Esa Unggul

 

Penulis:

Alfian, M.Pd

Download: