[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Pembelajaran Kontekstual Kelas IV SDN Sukabumi Utaran 04 PAGI

Deskripsi:

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui pembelajaran kontekstual kelas IV SDN Sukabumi Utara 04 pagi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sukabumi Utara 04 Pagi yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menulis narasi mengalami peningkatan. Persentase nilai keterampilan menulis siswa pada akhir siklus I pertemuan I sebesar 62.59% atau sebanyak 3 siswa mendapat nilai ≥ 75, Pertemuan II sebesar 65.71% atau sebanyak 4 siswa mendapat nilai ≥ 75. Persentase nilai keterampilan menulis siswa pada akhir siklus II pertemuan I sebesar 73.93% atau sebanyak 13 siswa mendapat nilai ≥ 75.Pertemuan II sebesar 78.84% atau sebanyak 21 siswa mendapat nilai ≥ 75.

Penulis:

  1. Dede Fatmawati
  2. Khusnul Fatonah

Download:

 [/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]