Seminar Nasional APTISI Pusat: Kesiapan Perguruan Tinggi di Indonesia dalam Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015

Seminar Nasional APTISI Pusat: Kesiapan Perguruan Tinggi di Indonesia dalam Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015

Share

Dalam rangka menyamakan visi antar Negara ASEAN dalam menyongsong masyarakat ekonomi ASEAN 2015 mendatang, Asosiasi Perguruan Tinggi Indonesia (APTISI) Pusat menyelenggarakan Seminar Nasional : Kesiapan Indonesia dalam Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Universitas Esa Unggul pada kesempatan kali ini menjadi panitia pelaksana Seminar Nasional APTISI Pusat: Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 yang diselenggarakan pada 28 Agustus 2014 di Puri Ratna Hotel Sahid Jaya, Jakarta.  Dr. Ir. Arief Kusuma AP, MBA sebagai ketua pelaksana dalam kata sambutannya mengatakan dalam pengembangan sistem Perguruan Tinggi dalam menghadapi persaingan, sehingga terbangun kesadaran dalam memperbaiki mutu pengelolaan perguruan tinggi.

Acara Seminar ini dibuka oleh Dr. Ir. Edi Efendi Tedjakusuma, MA (Deputi Bidang Evaluasi Kinerja Pembangunan) yang menekankan bahwa perlunya kesiapan Indonesia dalam menghadapi MEA 2015. Sementara Dirjen Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Chairil Anwar lebih menekankan pada kesiapan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri untuk membekali diri dengan keterampilan agar dapat bersaing dengan tenaga kerja Negara lain yang tergabung dalam MEA 2015 mendatang. Dampak positif dari MEA 2015 untuk Indonesia adalah perluasan pasar bagi produk jasa Indonesia dan terbukanya lapangan kerja bagi tena kerja terampil Indonesia, namun yang perlu diwaspadai sebagai dampak negatif MEA 2015 adalah masuknya produk dan jasa luar negeri (ASEAN) ke Indonesia yang akan bersaing dengan produk dan jasa lokal. Oleh karena itu DepNaKerTrans harus meningkatkan kualitas tenaga kerja melalui pelatihan berbasis kompetensi.

Agenda acara pada Seminar kali ini yaitu:

  • Sambutan ketua panitia : Dr. Arief Kusuma, AP, MBA (Rektor Universitas Esa Unggul)
  • Sambutan ketua APTISI : Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec
  • Prof. Dr. Armida Salsiah Alisjahbana, SE., MA yang diwakili oleh Dr. Ir. Edi Efendi Tedjakusuma, MA (Deputi Bidang Evaluasi Kinerja Pembangunan) menyampaikan tentang “Kesiapan Indonesia dalam Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN” yang sekaligus membuka acara Seminar Nasional ini, di moderatori oleh Prof. MTS Arief, MBA, CPM.
  • Drs. Chairil Anwar Pohan, MSi , MBA mewakili Dr. H. A. Muhaimin Iskandar, M.Si yang berhalangan hadir memaparkan tentang “Kesiapan Tenaga Kerja Indonesia dalam Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN,” yang di moderator oleh Prof. Dr. Suyatno, M.Pd
  • Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS (Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI)
  • Prof. Dr. Datuk Yusof Kasim (Praktisi Pendidikan dari Universitas Malaysia)
  • Ir. Sumarna F. Abdurrahman, M.Sc (Wakil Ketua Badan Sertifikasi Profesi)
  • Prof. Dr. Thomas Suyatno (Ketua Umum ABP PTSI)


-- Download Seminar Nasional APTISI Pusat: Kesiapan Perguruan Tinggi di Indonesia dalam Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 as PDF --


Share

  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul