Seminar Fisioterapi: Kinesiotapping for Sport Injury

Seminar Fisioterapi: Kinesiotapping for Sport Injury

Share

Kelompok Home Study Fisioterapi menyelenggarakan “Workshop Basic Kinesiotapping for Sport Injury” pada 25 Mei 2014, acara ini dihadiri oleh Fisioterapis, mahasiswa, pelaku olahraga, dan pencinta olahraga. Dalam berbagai event seminar yang membicarakan masalah seputar perkembangan Ilmu Fisioterapi, banyak hal baru yang kita peroleh seperti yang dibicarakan pada seminar Fisioterapi tentang Kinesiotapping for Sport Injury di kampus UEU, sebagai pembicara Syahmirza Indra Lesmana, SFT, SKM, M.OR – Dosen Fakultas Fisioterapi dan Tim FT.Olahrga Esa Unggul (Rado, El, Ito, Iin, Apri, Eric).

Kinesiotapping adalah modalitas yang didasari oleh proses penyembuhan luka oleh tubuh sendiri. Metode ini menunjukkan pengaruhnya melalui aktivitas sistem neurologi dan sistem sirkulasi. Dasar metode ini adalah ilmu kinesiologi dan penting mengenal gerak tubuh dan otot.  Dalam seminar satu hari itu, para peserta banyak mendapatkan ilmu tentang cara melayani pasien yang banyak menangani pasien yang butuh pertolongan cepat, terutama masalah otot vatlet.

  

Menurut Indra, Kinesiotapping dapat kita gunakan pada setiap kondisi mulai dari akut, sub akut – pemulihan dan kronis, kata Indra yang berpengalaman banyak menerapkan ilmunya diberbagai bidang seperti olahraga di PBSI dengan menangani banyak pasien pebulutangkis sejak menjadi fisioterapis selama empat tahun ini.

Fungsi utama kinesiotape menurutnya meningkatkan konstraksi otot yang lemah mengurangi kelelahan otot, mengurangi nyeri dan megurangi cramp dan cedera otot. Hal inilah yang umum harus dipelajari oleh mahasiswa yang benar-benar ingin memperdalam Ilmu Fisioterapi agar kelak setelah meraih gelar sarjana dapat menerapkan ilmunya buat masyarakat umum sebagai ilmu terapan yang diminati, ujarnya. (Is.A/Est)


-- Download Seminar Fisioterapi: Kinesiotapping for Sport Injury as PDF --


Share

  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Social Media Icons Powered by Acurax Website Design Expert