Seminar Akupunktur: Penanganan Penyakit Metabolik dengan Terapi Akupunktur

Seminar Akupunktur: Penanganan Penyakit Metabolik dengan Terapi Akupunktur

Share


Sebagai program baru di lingkungan Universitas Esa Unggul (UEU), Program Pelatihan Akupunktur ini banyak diminati kalangan mahasiswa, debut pertama ini menyelenggarakan Seminar “Penanganan Penyakit Metabolik dengan Terapi Akupuntur” yang akhir pekan lalu di buka resmi Wakil Rektor I Ir. Roesfiansjah Rasjidin, MT, Ph.D. yang dihadiri sekitar 100 orang peserta lebih. Dalam kata sambutannya Wakil Rektor I mengatakan cita-cita UEU untuk jadi Universitas kelas dunia akan terwujud jika seluruh civitas academika sering mengadakan seminar-seminar sejenis akan diminati banyak orang untuk menjadikan masyarakat sehat.

Teknik pengobatan Akupunktur diminati masyarakat Indonesia sebagai pengobatan kedokteran china yang lahir ratusan tahun lalu didaratan Tiongkok yang kemudian berkembang pesat di berbagai Negara sebagai terapi alternatif untuk mengatasi masalah kesehatan.

Dalam seminar itu tampil berbicara di sesi I dr. S Nurul W yang mengupas peranan akupunktur dalam penanganan hipertensi yang merupakan kelainan tekan darah sistolik dan peningkatan tekanan darah diastolik yang menekankan bahwa hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya jika tidak ditangani sejak dini yang dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi, kata dr. S Nurul.

Pada sesi berikat berbicara drg. Murniati, MM yang membawakan makalah penanganan akupunktur pada kasus stroke yang banyak menimbulkan kematian bagi pasien yang di Indonesia angkanya cukup tinggi yakni hampir 300.000 penderita / tahun. Sri Murniati juga banyak mengupas kendala-kendala yang dihadapi tenaga medis di Indonesia, untuk penyakit stroke di Indonesia menempati peringkat nomor 3 sesudah penyakit jantung dan kanker, tuturnya. Dan penyakit ini menurut survey terakhir stroke merupakan pembunuh no.1 di seluruh penjuru tanah air, katanya.

Untuk itulah di prioritaskan banyak melahirkan tenaga terampil lewat Universitas untuk benar-benar serius melahirkan tenaga dibidang kedokteran. Hal ini banyak dikupas pada sesi dengan pembicara Dr. Hayi Siantoresmi, MARS. Pada pelaksanaan kasus Diabetes Mellitus dengan akupunktur atau penyakit kencing manis yakni kumpulan beberapa kelamin metabolic yang berkaitan dengan hipertensi.

Sementara Peni Hedi P. dr. MKM (Gz) mengupas masalah diet sehat penyakit degeneratif dan masalah makanan pasien, misalnya buah apel diberikan pada pasien dengan tekanan darah diatas normal dengan tujuan membantu menurunkan tekanan darah pasien dan membantu menghilangkan penimbunan cairan dalam tubuh atau edemia atau bengkak yang diderita pasien, katanya.

Selanjutnya Program Pelatihan Akupunktur telah dibuka di UEU bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Akupunktur LADIKA, yaitu:

  1. Akupunktur Dasar
  2. Akupunktur Lanjutan
  • Akupunktur kecantikan
  • Akupunktur analgesia
  • Akupunktur adiksi narkoba
  • Akupunktur olahraga
  • Akupunktur telinga
  • Akupunktur kepala
  • Elektroakupunktur
  • Laserpuncture

Klik link ini untuk info lebih lanjut:
Program Pendidikan Akupunktur


-- Download Seminar Akupunktur: Penanganan Penyakit Metabolik dengan Terapi Akupunktur as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
20
  1. May 2, 2014 at 11:25 pmBasri Abdullah  Reply

    Coco banget untuk praktisi kesehatan guna mengembangkan kemampuan mengobati dengan seni akupunktur china.

  2. May 12, 2014 at 4:12 pmbangharfani.com  Reply

    asyik,,sosialisasi metode pengobatan akupunktur sudah masuk ke universitas esa unggul...kapan yah segera dibuka pendidikan progam diploma atau stratanya mengingat fasilitas dan prasarana yang mendukung di kampus esa unggul sudah memadai misal fakultas kesehatan dan faklutas fisioterapi, tinggal fakultas akupunkturnya nih....hehehe
    "aturan maen" dilapangan kadang selalu berubah-ubah,lembaga penyelenggaran pendidikan akupunktur pun di jabodetabek sudah banyak tapi belum ada satupun universitas atau akademi yang specialisasi/konsen di akupunktur. Terlebih ini dijakarta "market" dan para praktisi akupunkturis sudah banyak, mungkin sebagian diantara mereka ada yang mau ikut program "akademis strata/diploma akupunktur" juga tantangan program AFTA dibeberapa tahun kedepan...ini bisa sebagai peluang pihak kampus esa unggul untuk segera membuka strata/diploma akupunktur PERTAMA di Jakarta

    maaf yah,klo ada salah salah kata. hehehe

Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Animated Social Media Icons Powered by Acurax Wordpress Development Company