Pelatihan Hybrid Learning untuk Dosen dan Karyawan

Pelatihan Hybrid Learning untuk Dosen dan Karyawan

Share


Pelatihan Hybrid Learning untuk Dosen dan Karyawan

Minggu, 20 Juni 2010

Pada perkuliahan semester genap tahun akademik 2007/2008 Universitas INDONUSA Esa Unggul akan menggunakan pembelajaran model HYBRID LEARNING yakni perpaduan proses pembelajaran menggunakan intranet dan internet
Semua dosen dan staf administrasi di Jurusan, Fakultas, PAMU, Program Eksekutif dan program Pasca Sarjana dimohon untuk mengikuti pelatihan Hybrid Learning yang akan diselenggarakan di Laboratorium Komputer Lantai IV dengan jadual :

A. Pelatihan Karyawan

1. Kamis, 21 Februari 2008, pk. 10.00 s/d 12.00
2. Jum’at, 22 Februari 2008, pk. 15.00 s/d 17.00 (pilih salah satu)

B. Pelatihan Dosen

1. Selasa, 26 Februari 2008, pk. 10.00 s/d 12.00
2. Rabu, 27 Februari s/d 1 Maret 2008, pUniversitas INDONUSA Esa Unggul mempunyai fasilitas komunikasi online dalam situs internet. Segenap sivitas akademika, baik mahasiswa, dosen, dan tidak terkecuali karyawan, dapat memanfaatkan fasilitas tersebut. Pengguna dapat memanfaatkan fasilitas ini laksana mengirim dan menjawab sms menggunakan internet, tidak membutuhkan pulsa dan tanpa biaya alias gratis jika dilakukan di dalam kampus. Untuk karyawan juga dapat melakukannya via intranet.
Selama ini, para pengguna situs internet sudah mengenal fasilitas email (Webmail) untuk berkomunikasi secara online. Pengguna dapat terus menggunakan fasilitas ini dan dapat pula memanfaatkan bentuk komunikasi lain yang biasanya digunakan oleh para dosen dan mahasiswa untuk menyampaikan pesan (message) di situs hybrid learning. Fasilitas ini disebut message dan dapat digunakan pula oleh karyawan untuk menyampaikan pesan-pesan singkat kepada sesama karyawan.
Pesan yang disampaikan melalui ‘message’ cocok untuk informasi atau pesan-pesan pendek dan bersifat pribadi. Untuk informasi yang lebih detail dan formal, sebaiknya menggunakan email (webmail). Berbeda dengan fasilitas email, pengguna ‘message’ langsung mengetahui ada pesan singkat untuk dirinya ketika membuka situs dan dapat membalas pesannya tanpa membebani server.
Selain digunakan layaknya sms, fasilitas ini juga dapat digunakan untuk chatting selama pengguna yang diajak berkomunikasi sedang online. Tanda bahwa pengguna sedang online dapat dilihat di bawah blok ‘Online users’ Fasilitas chatting menggunakan situs hybrid learning di http://www.indonusa.ac.id atau http://moodle.indonusa.ac.id/hybrid, sedangkan fasilitas message menggunakan situs hybrid learning dan situs support presentasi (http://support/presentasi atau http://support/kelas)
Untuk menggunakan fasilitas tersebut, mahassiwa dan dosen dapat menggunakan ID dan pasword yang telah dimiliki, sedangkan untuk karyawan dapat melihat ID masing-masing di halaman depan ‘Support presentasi (lama)’. Bagi pengguna pemula yang ingin memanfaatkan fasilitas tersebut, silahkan baca tata cara mengirim pesan di pedoman untuk umum yang terdapat di halaman depan situs hybrid learning.k. 15.00 s/d 17.00
3. Kamis, 28 Februari 2008, pk. 10.00 s/d 12.00
4. Jum’at, 29 Februari 2008, pk. 15.00 s/d 17.00 (pilih salah satu)

Materi pelatihan

1. Untuk karyawan : (1) Cara memasuki situs (login), (2) Cara membuka dan mengubah kelas, (3) Cara menetapkan dan mengganti dosen, (4) Mengubah profil, membuat blog, password dan membuat message

2. Untuk dosen : (1) Cara memasuki kelas, (2) Mengupload bahan presentasi (3) Memberikan dan menilai tugas, (4) Mengelola diskusi Hybrid Learning, (5) Mengubah profil, membuat blog, password dan membuat message

Kepada dosen yang mengikuti pelatihan mohon membawa materi pembelajaran dalam bentuk powerpoint, sedangkan staf administrasi dimohon membawa jadual kuliah semester genap tahun akademik 2007/2008.

Informasi lebih lanjut hubungi BIRO SDM di ektention 263 atau BIRO DUKUNGAN PEMBELAJARAN di extention 268.

Read More Post
Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2016 © Universitas Esa Unggul
Animated Social Media Icons Powered by Acurax Wordpress Development Company