Manajemen Informasi Kesehatan Gelar "SENWODIPA" Bahas Pentingya Privasi dalam Dunia Kesehatan

Manajemen Informasi Kesehatan Gelar “SENWODIPA” Bahas Pentingnya Privasi dalam Dunia Kesehatan

Share


Para Pembicara Saat Seminar Senwodipa 2017

Para Pembicara Saat Seminar Senwodipa 2017

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan (MIK) mengadakan Seminar Nasional, Workshop dan Call For Paper (SENWODIPA 2017). Salah satu materi yang dibahas dalam seminar ini ialah Strategi Menjaga Privacy dan Security Informasi Kesehatan dalam Rekam Kesehatan Elektronik.

Salah satu pembicara yang dihadirkan dalam seminar ini Dr. drh. Didik Budijanto, M.Kes dari Pusdatin KEMKES RI mengatakan selama kendala yang banyak dialami oleh para pekerja Rekam medis dan Manajemen Informasi kesehatan ialah terkait kerahasiaan data pasien yang tidak bisa sembarangan dibuka, karena hal ini terkait dengan kode etik kesehatan.

“Banyak tenaga rekam medis dan manajemen kesehatan terbentur dalam menjaga kerahasiaan data pasien, terutama ketika beberapa pihak meminta tentang jejak rekam medis seseorang seperti untuk penegakan hukum ataupun penelitian,” tutur Didik di Ballroom Aula Kemala, Universitas Esa Unggul, Rabu (04/10/2017).

Suasana Saat Seminar Senwodipa 2017

Suasana Saat Seminar Senwodipa 2017

Dia pun menyarankan kedepannya ada semacam peraturan yang mengatur tentang rekam medis dan manajemen Informasi kesehatan mengenai hal-hal apa saja yang tidak sembarangan didapatkan oleh orang-orang yang tidak terkait dengan Fasilitas Kesehatan.

“Mudah-mudahan, pemerintah dapat lebih tegas mengatur hal-hal terkait dengan keamanan atau privasi dalam dunia kesehatan khususnya rekam medis dan manajemen informasi keseahatan. Selain semakin luasnya perkembangan teknologi yang membuat akses informasi semakin mudah dicuri, juga banyaknya peraturan yang bertabrakan antar penegak hukum dan penyelenggara kesehatan,” tutupnya.

Selain menyelenggarakan seminar mengenai Strategi Menjaga Privacy dan Security Informasi Kesehatan dalam Rekam Kesehatan Elektronik juga diselenggarakan Workshop, dihari pertama dilangsungkan Workshop A dengan Tema: Analisis Big Data pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan”, Workshop B di selenggarakan pada tanggal 4 Oktober 2017 dengan Tema : “Strategi Penyelesaian Pending Klaim BPJS Kesehatan”.


-- Download Manajemen Informasi Kesehatan Gelar "SENWODIPA" Bahas Pentingnya Privasi dalam Dunia Kesehatan as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul