Fakultas Ilmu – Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul menyelenggarakan Lokakarya Patient Safety

Fakultas Ilmu – Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul menyelenggarakan Lokakarya Patient Safety

Share

Fakultas Ilmu – Ilmu Kesehatan menyelenggarakan Lokakarya Patient Safety pada Kamis, 03 Oktober 2013, pukul 07.30 – 17.00 WIB di Ruang 811, Lantai 8 Universitas Esa Unggul.

Lokakarya  Patient Safety menghadirkan pembicara :

  1. dr. Adib A. Yahya, MARS (PERSI)
  2. dr. Arjaty Daud, MARS (PERSI)
  3. Dr. Rokiah Kusumapradja, MHA (Warek I Univ. Esa Unggul)

Biaya HTM

  • Reguler Rp. 75.000,-/orang
  • Eksekutif/Umum Rp. 100.000,-

(termasuk sertifikat (1 SKP), Seminar kit, , lunch, snack)

 

Contac Person :

  • Putri Handayani – 08176567490
  • Muniroh – 087782650078

 

Latar Belakang Lokakarya

Profesionalisme Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) dituntut untuk memberikan layanan ke publik berdasarkan kompetensi keilmuan yang dimiliki, bekerja secara tulus, terbuka pada perubahan, dan berani menjadi pemimpin. Agar dapat mengikuti perubahan dunia kerja yang sangat dinamis, seorang SKM  harus memiliki multi talenta dan terus belajar untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya. Oleh karena itu, dibutuhkan selalu peningkatan kemampuan softskill dan hardskill yang memadai agar mampu berinovasi berdasarkan kebutuhan pekerjaan.

Salah satu kemampuan hardskill yang perlu dimiliki oleh sorang calon lulusan SKM dalam rangka mendukung kompetensi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja yaitu kemampuan Patient Safety. Keselamatan pasien (patient safety) rumah sakit adalah suatu sistem dimana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman. Sistem tersebut meliputi : assesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan risiko pasien, pelaporan dan analisis insiden, kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko. Sistem tersebut diharapkan dapat mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak melakukan tindakan yang seharusnya dilakukan.

Seorang Sarjana Kesehatan Masyarakat, terutama peminatan MRS akan bekerja dalam lingkup manajemen RS untuk meningkatkan kepuasan pasien. Oleh karena itu, mereka perlu dibekali keahlian mengenai Patient Safety yang merupakan indikator mutu pelayanan RS.

Tujuan
Meningkatkan kompetensi staf pengajar dan calon lulusan dalam bidang patient safety di rumah sakit.

 

Lingkup Kegiatan

  • Memberikan pendalaman materi kepada staf pengajar dan calon lulusan mengenai patient safety di rumah sakit
  • Memberikan pemahaman kepada staf pengajar dan calon lulusan mengenai pentingnya aplikasi patient safety di rumah sakit

 


-- Download Fakultas Ilmu - Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul menyelenggarakan Lokakarya Patient Safety as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
20
  1. September 30, 2013 at 5:12 pmyekti handayani  Reply

    Saya, Yekti Handayani dari klas karyawan (ilmu gizi) jk mendaftar maka saya saya termasuk yg reguler atau executif? Terima kasih.

    • October 1, 2013 at 11:22 amelistia  Reply

      Kelas karyawan itu sama dengan kelas eksekutif. jika anda mendaftar di kelas Karyawan berarti anda termasuk mahasiswa kelas eksekutif (karyawan)

Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Animated Social Media Icons Powered by Acurax Wordpress Development Company