Universitas Esa Unggul Dorong Prestasi Atlet Nasional Melalui Gizi Olahraga

Universitas Esa Unggul Dorong Prestasi Atlet Nasional Melalui Gizi Olahraga

Share


Kerjasama MoU Universitas Esa Unggul dengan KONI Jabar

Kerjasama MoU Universitas Esa Unggul dengan KONI Jabar

 

Universitas Esa Unggul Dorong Prestasi Atlet Nasional Melalui Gizi Olahraga

Pekan Olahraga Nasional (PON) merupakan event olahraga yang diselenggarakan 4 tahun sekali. Keberhasilan seorang atlet selalu dikaitkan dengan seberapa jauh prestasi yang dihasilkan dari berbagai kompetisi dan PON merupakan kompetisi bergengsi bagi para atlet untuk menunjukkan kemampuan mereka. Tolok ukur utama prestasi olahraga dapat dilihat pada ranking prestasi yang dicapai dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON). Pencapaian prestasi ini mendorong atlet untuk memberikan performa terbaik pada saat kompetisi, dimana untuk mendukung performa tersebut kondisi atlet harus tetap prima. Status gizi atlet berperan penting dalam menjaga kondisi atlet.

Atlet merupakan individu yang memiliki kemampuan organ tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan orang biasa. Atlet dituntuk untuk memiliki kemampuan yang baik saat latihan maupun bertanding, oleh karena itu dibutuhkan asupan gizi yang baik dalam upaya mengisi bahan bakar dari tubuh atlet itu sendiri.

Peranan ahli gizi dalam kegiatan olahraga semakin dibutuhkan untuk mengatur makanan dalam rangka menjaga kesehatan, adaptasi latihan, dan meningkatkan performa selama sesi latihan dan perlombaan. Pada atlet, kebutuhan zat gizi merupakan bagian yang penting karena menjadi salah satu faktor penentu prestasi atlet. Mengkonsumsi zat gizi yang benar akan membantu dalam menyediakan energi saat berolahraga dan menyempurnakan proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Kebutuhan gizi seorang atlet akan lebih besar dibandingkan non-atlet karena metabolisme di dalam tubuh atlet lebih tinggi.

Jawa Barat merupakan tuan rumah PON XIX  memiliki keinginan kuat untuk menjadi Juara Umum menggandeng berbagai instansi dan bidang untuk mendukung Pencapaian prestasi terbaik atletnya dalam bertanding sehingga prestasi maksimal dapat diraih. Untuk menunjang hal tersebut di atas pada tanggal 10 Mei 2016 bertempat di Kantor Koni Jawa Barat Jl. Padjajaran, telah ditandatangani Memorandum of Understanding  dalam bidang Gizi Olahraga oleh Rektor Universitas Esa Unggul, Bapak Dr. Ir. Arief Kusuma Among Pradja, MBA dan Ketua Umum Koni Jawa Barat, Bapak Ahmad Saefudin. Sebanyak 1800an atlet Jawa Barat yang akan berlaga pada PON XIX tahun 2016 ini akan mendapatkan pendampingan dari Program Studi di Gizi Universitas Esa Unggul agar atlet dapat memaksimalkan potensi saat latihan maupun bertanding.

Saat Penandatangan Kerjasama

Saat Penandatangan Kerjasama

 


-- Download Universitas Esa Unggul Dorong Prestasi Atlet Nasional Melalui Gizi Olahraga as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul