Unit Kegiatan Mahasiswa, Tempat untuk Memperluas Relasi  dan Mengembangkan Potensi Diri

Unit Kegiatan Mahasiswa, Tempat untuk Memperluas Relasi dan Mengembangkan Potensi Diri

Tak hanya untuk belajar dan belajar, kampus pun dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk mengembangkan potensi diri. Mahasiswa dapat melakukan berbagai hal di kampus yang menunjang proses pengasahan bakat yang dimiliki, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa di kampus. UKM adalah wadah aktivitas kemahasiswaan luar kelas untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu.
Terkadang mahasiswa tidak mengetahui bahwa ada UKM di Kampus, atau bahkan mereka tahu tetapi memilih untuk tidak mengikuti UKM dengan alasan tidak tertarik dan khawatir akan mengganggu perkuliahan. Nyatanya banyak sekali manfaat jangka panjang yang dapat kita ambil dari mengikuti UKM untuk terjun ke dunia kerja nantinya.
Berikut beberapa manfaat yang kita dapatkan dari mengikuti UKM :
1. Memperluas Relasi
UKM dibuat untuk seluruh fakultas yang ada di kampus, sehingga banyak mahasiswa dari berbagai jurusan yang bergabung dalam satu UKM. Hal ini membuat mahasiswa dapat memperluas relasi dan saling mengenal satu sama lain, tak hanya dari fakultas dan jurusannya sendiri. Relasi sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan dan karir di masa depan.
2. Kesempatan Raih Prestasi Lebih Luas
Tak hanya relasi, di UKM pun kita dapat memperoleh banyak prestasi dengan mengikuti banyak perlombaan yang sesuai dengan kegiatan UKM. UKM didukung oleh kampus sehingga memiliki fasilitas lebih yang bisa menunjang proses pengembangan bakat dalam mengejar prestasi.
3. Memiliki Tempat untuk Mengembangkan Hobi
Mahasiswa yang memiliki hobi tertentu dapat mengikuti UKM yang sesuai dan memperdalam serta mengembangkan kemampuan dengan berbagi ilmu dan pengetahuan bersama orang – orang yang memiliki minat dan hobi yang sama. Hal ini dapat menjadi acuan untuk terus belajar menjadi lebih baik.
4. Menumbuhkan Kepercayaan Diri
Dalam sebuah UKM kita akan bertemu dengan berbagai orang dan melakukan komunikasi dengan mereka, kebiasaan dalam mengeluarkan pendapat dapat meminimalisir rasa grogi dan takut sehingga menumbuhkan rasa percaya diri. Selain itu, dengan mengikuti UKM mahasiswa akan memperoleh dukungan dari orang lain, hal ini pun meningkatkan kepercayaan diri.
5. Belajar Manajemen Waktu
Dengan mengikuti UKM, mahasiswa pun memiliki jadwal lain selain kuliah, hal ini memacu mahasiswa untuk belajar mengelola waktu antara kuliah dan kegiatan UKM sehingga tidak tumpang tindih satu sama lain. Mahasiswa yang dapat mengatur waktu dengan baik akan dengan mudah mengisi waktu mereka dengan kegiatan yang bermanfaat.  

Universitas Esa Unggul memiliki 17 Unit Kegiatan Mahasiswa yang aktif di kampus untuk mendukung mahasiswa dalam meningkatkan potensi diri diluar kegiatan perkuliahan. 

Yuklah, segera daftarkan diri kalian ke Unit Kegiatan Mahasiswa ataupun mengikuti kegiatan yang diadakan di masing – masing fakultas kalian di Universitas Esa Unggul.
 
Berikut UKM-UKM yang ada di Universitas Esa Unggul :
  1. Badminton @ueubadmintonclub
  2. Band @ukmband_ueu
  3. Baskest @ueubasketball
  4. Golden Dance @goldendance
  5. Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam (HIMPALA) @himpalaueu
  6. Karate @karate_ueu
  7. Kempo @kempo_ueu
  8. Keluarga Mahasiswa Katolik @kmkesaunggul
  9. Kerohanian Kristen Protestan/OMG @omg.kristen.esaunggul
  10. KSR @ksresaunggul
  11. LDK IKMI @ldk_ikmi_esaunggul
  12. Sepakbola – Futsal @futsal_ueu
  13. Taekwondo @esaunggul_tkd
  14. Tatra (Tari Tradisional) @ukmtaritradisionalueu
  15. Teater Sanggul @teatersanggul
  16. Vajra Buddhis Esa Unggul @kmb_vbi
  17. Volley @esaunggul_volleyball

 

Informasi :

Biro Kemahasiswaan Universitas Esa Unggul

( Rahmadadi  ” Black ” )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *