Deskripsi :

Nilai-nilai kepemimpinan demokrasi memiliki peranan penting dalam kehidupan para siswa. Oleh karena itu, nilai-nilai tersebut harus ditanamkan sedini mungin kedalam jiwa mereka dengan cara menggabungkan spirit kepemimpinan demokrasi ke dalam proses pemebelajaran sebagai pengetahuan dasar bagi mereka untuk hidup di masyarakat. Salah satu strategi yang dapat didaptasi adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai tersebut ke dalam topik diskusi dari buku tesk siswa, termasuk buku teks Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi aktivitas-aktivitas kepemimpinan demokrasi dalam materi ajar dari buku teks EFL untuk kelas VII SMP �Bahas a Inggris Se kolah Menengah Pertama: Contextual Teaching and Learning� yang dipublikas i oleh Pus at Perbukuan, Depdikbud. Kualitatif Konten Analisis digunakan untuk menganalisis represenatasi empat aktivitas yang sering dilakukan dalam pemilihan pemimpin demokrasi; pendaftaran calon, kampanye, pemungutan suara, dan pengumuman pemimpin terpilih. Temuan-temuan dari penelitian ini menunjukan tak satupun topik diskusi tentang kepemimpinan demokrasi direpresentasi dalam teks, instruksi, pertanyaan, dan ilustrasi dalam buku teks siswa tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa buku teks tersebut kurang mendukung para siswa untuk mendapatkan pengetahuan tentang kepemimpinan demokrasi saat belajar bahasa Inggris.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Nuryansyah Adijaya

Download :