Deskripsi :

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan keterampilan berkomunikasi dalam aspek verbal dan nonverbal siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV A SDN Kebon Jeruk 11 Jakarta, (2) Menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran bahasa Indonesia agar dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa kelas IV A SDN Kebon Jeruk 11 Jakarta.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A SDN Kebon Jeruk 11 Jakarta yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan berkomunikasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam berkomunikasi mengalami peningkatan. (1) Presentase nilai keterampilan berkomunikasi siswa pada akhir siklus I sebesar 53,125% atau sebanyak 17 siswa mendapat nilai ≥ 80, (2) Presentase nilai keterampilan berkomunikasi siswa pada akhir siklus II sebesar 68,75% atau sebanyak 22 siswa mendapat nilai ≥ 80, (3) Presentase nilai keterampilan berkomunikasi siswa pada akhir siklus III sebesar 84,375% atau sebanyak 27 siswa mendapat nilai ≥ 80.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

  • Dhania Nur
  • Endang M. Kurnianti

Download :