Deskripsi :
Dalam pembelajaran tematik kemandirian belajar peserta didik masih kurang dan belum mengoptimalkan kemampuan berfikir kreatif untuk meningkatkan kreativitasnya karena kurangnya rasa percaya diri sehingga belum mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Upaya meningkatkan menggunakan model Team Games Tournament berbantu permainan tebak gerak.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian pre-Experimental design dengan jenis one group pretest-posttest design.
Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Wonosoco Kudus dengan jumlah 20 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Team Games Tournament berbantu permainan Tebak Gerak untuk meningkatkan kreativitas anak kelas V di lihat dari rata-rata pretest 60,55 dan rata-rata posttest 83,35. Hal tersebut dibuktikan dengan uji t sebesar thitung (15,630)>ttabel (1,684) maka H0 Ditolak dan Ha Diterima. Jadi kesimpulannya efektif menggunakan model Team Games Tournament (TGT) berbantu permainan Tebak gerak Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Pada Pembelajaran Tematik.
Universitas Esa Unggul
Penulis :
- Tri Wahyuningsih
- Ratna Wahyu Pusari
- Singgih Adhi Prasetyo
Download :