Hubungan Iklim Organisasi dan Loyalitas Karyawan Pada Sebuah Perusahaan E-Commerce Di Jakarta

Hubungan Iklim Organisasi dan Loyalitas Karyawan Pada Sebuah Perusahaan E-Commerce Di Jakarta

Hubungan Iklim Organisasi dan Loyalitas Karyawan Pada Sebuah Perusahaan E-Commerce Di Jakarta

Deskripsi:

Bisnis e-commerce atau jual beli online di Indonesia mengalami peningkatan drastis sejak beberapa tahun belakangan ini. Perkembangan bisnis e-commerce ini juga dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan rintisan bisnis e-commerce yang berlokasi di Jakarta Barat. Namun peneliti menemukan permasalahan berkaitan dengan karyawan dan perusahaan tersebut. Diduga loyalitas dan iklim organisasi di perusahaan tersebut rendah.Loyalitas karyawan merupakan orientasi terhadap organisasi yang berkaitan dengan identifikasi seseorang terhadap organisasi. Di lain pihak,iklim organisasi adalah kualitas lingkungan di dalam suatu organisasi yang secara relatif dapat dirasakan dan dapat bertahan oleh karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim organisasi dan loyalitas, dengan mengontrol pengaruh usia maupun jenis kelamin terhadap loyalitas. Responden berasal dari seluruh karyawan perusahaan berjumlah 50 orang (laki-laki = 21; perempuan = 29) berusia 23 – 34 tahun (M = 27,62; SD = 2,899). Diperoleh korelasi berkisar antara 0,540 hingga 0,588, p< 0,01. Dapat disimpulkan bahwa iklim organisasi memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan loyalitas, termasuk ketika mengontrol pengaruh usia maupun jenis kelamin terhadap loyalitas.

Penulis:

  1. Aries Yulianto
  2. Devi Martina

Download:

Jurnal Selengkapnya:
LEMBAGA PENERBITAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL (E-Jurnal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *