[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Gambaran Tugas Perkembangan Mahasiswa Psikologi Universitas Esa Unggul

Deskripsi:

Bimbingan tahap awal dengan para Penasehat Akademik (PA) yang telah dibuat terstruktur tidak mudah mengenali permasalahan pribadi yang terkait dalam proses pembelajaran. Para PA belum sepenuhnya menjalani peran sebagai mentor yang harus dapat memahami psikososial bimbingannya. Untuk itu dibutuhkan data yang lebih spesifik terutama mengenai tugas perkembangan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana gambaran dan perbedaan tugas perkembangan mahasiswa psikologi dari tiap angkatan. Metode penelitian adalah kuantitatif deskriptif dan inferensial uji beda hasil tugas perkembangan mahasiswa. Responde adalah mahasiswa psikologi reguler dan paralel Universitas Esa Unggul angkatan 2015-2017. Alat ukur menggunakan Inventori Tugas Perkembangan mahasiswa (ITP-PT) dari Universitas Pendidikan Indonesia. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata tugas perkembangan paling tinggi adalah pada mahasiswa psikologi 2016 paralel yaitu 5,74 dan terendah mahasiswa psikologi 2016 reguler yaitu 5,50. Aspek terendah mayoritas adalah aspek 2 (landasan perilaku etis), dan tertinggi aspek 7 (penerimaan diri dan pengembangannya).Ada 3 aspek yang mempunyai nilai dibawah rata-rata untuk setiap angkatan yaitu aspek 2 )landasan perilaku etis), 3 (kematangan emosional) dan 4 (kematangan intelektual), yang merupakan aspek internal dari mahasiswa. Dan ada 2 aspek diatas rata-rata untuk setiap angkatan yaitu aspek 6 (peran sosial sebagai pria dan wanita), dan 7 (penerimaan diri dan pengembangannya), yang merupakan aspek eksternal. Hasil uji beda antara aspek tugas perkembangan mahasiswa dengan angkatan, menunjukkan ada perbedaan tugas perkembangan dari mahasiswa psikologi tiap angkatan dengan nilai sig (p) 0,0

Penulis:

Safitri

Download:

Jurnal Selengkapnya:
LEMBAGA PENERBITAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL (E-Jurnal)