Bingung Memilih Kampus Idaman? Yuk Simak 9 Pertimbangan Kamu Dalam Memilih Perguruan Tinggi

Bingung Memilih Kampus Idaman? Yuk Simak 9 Pertimbangan Kamu Dalam Memilih Perguruan Tinggi




memilih kampus yang tepat untuk kita

memilih kampus yang tepat untuk kita

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Di Indonesia terdapat ribuan Perguran Tinggi yang tersebar di berbagai daerah. Berdasarkan data Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Ristek Dikti) Pada 2017, jumlah unit perguruan tinggi yang terdaftar mencapai 4.504 unit. Tidak mengherankan hal ini membuat banyak calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah merasa kebingungan dalam memilih kampus yang tepat, untuk masa depan.

Untuk itu penting sekali melakukan pertimbangan dalam memilih kampus yang akan dituju sebagai tempat menimba ilmu dan merajut masa depan, ada 9 hal yang dapat menjadi pertimbanganmu dalam memilih Perguruan Tinggi Favoritmu, diantaranya ialah :

1. Akreditasi Kampus

Akreditasi yang bagus

Akreditasi yang bagus

Hal pertama yang menjadi pertimbangan ialah akreditasi kampus. Tidak jarang akreditasi saat ini menjadi acuan bagi banyak calon mahasiswa untuk berkuliah. Akreditasi menjadi pertimbangan dikarenakan sebuah lembaga atau institusi, baru diakui kualitasnya ketika sudah mendapatkan pengakuan khususnya dari lembaga penilaian yang telah dibentuk oleh Pemerintah, dalam hal ini oleh Kementerian Ristek dan Dikti melalui Badan Akreditasi Nasional (BAN PT).

2. Pilih kampus yang mengakomodir peminatanmu

Agar Semangat Kuliahnya Kamu harus memilih Jurusan yang seusai Keinginan kamu

Agar Semangat Kuliahnya Kamu harus memilih Jurusan yang seusai Keinginan kamu

Kebanyakan dari Perguran Tinggi yang ada di Indonesia hanya mengakomodir peminataan ataupun Program studi di bidang Teoritis saja tanpa mampu menghadirkan peminataan atau program studi yang dibutuhkan di dunia pekerjaan saat ini. Memilih jurusan sesuai keahlian kamu merupakan hal yang penting, jangan sampai kamu masuk ke sebuah Universitas hanya ikut-ikutan teman atau untuk gaya-gayan saja.

Pilihlah jurusan yang ada di Sebuah Universitas sesuai dengan Passion yang benar-benar kamu yakini. Terjebak dalam hal yang tidak kamu pahami itu sangatlah tidak mengenakan, sama seperti masuk jurusan yang tidak kamu minati dapat membuat kamu depressi hingga stress tentu kamu tidak inginkan hal seperti itu terjadi?


3. Biaya Terjangkau dan Kualitas Jempolan

Biaya yang terjangkau

Biaya yang terjangkau

Pertimbangan yang paling sering dipikirkan terutama oleh para orang tua saat memilih Universitas untuk anak-anaknya ialah biaya perkuliahan. Biaya perkuliahan yang tinggi sering menjadi penyebab calon mahasiswa mundur dari cita-citanya mengejar kampus impian.

Umumnya saat ini orang-orang berlomba kuliah mencari kampus yang murah hanya untuk mengejar gelar, sehingga tidak lagi memikirkan kualitas dari perguruan tinggi tersebut. Seringkali kualitas dinomer sekiankan dan lebih memilih kampus dengan biaya murah.

Untuk itu penting sekali memilih kampus dengan biaya terjangkau namun tidak mengurangi kualitas akademik ataupun non-akademik dari perguruan Tinggi tersebut.

4. Akses Kampus yang mudah

Akses yang mudah

Akses yang mudah

Permasalahan yang sering dihadapi dikota-kota besar terutama Jakarta ialah akses transportasi, tidak mengherankan banyak yang mempertimbangkan suatu lokasi dengan kemudahan akses yang ada, termasuk dalam memilih perguruan Tinggi. Akses transportasi umum maupun akses jalan yang mudah menjadi salah satu hal yang harus kalian pertimbangkan dalam memilih kampus, jangan sampai akses yang sulit serta jauh membuat kalian tidak mood lagi untuk berkuliah.

5. Lokasi KampusKampus yang lokasinya mudah

Kampus yang lokasinya mudah

Kampus yang lokasinya mudah

Selanjutnya yang perlu kamu pertimbangkan ialah lokasi kampus yang strategis, yang dimaksud strategis disini ialah lokasi kampus dekat dengan sejumlah Fasilitas penunjang seperti pusat perbelanjaan, pusat rekreasi, Rumah Sakit dan beberapa fasilitas umum penunjang lainnya.

6. Reputasi kampus

Reputasi Kampus

Reputasi Kampus

Reputasi Univeritas, seringkali banyak anak muda menginginkan kuliah di suatu perguruan Tinggi karena reputasi kampus seperti kampus yang memiliki reputasi olahraganya atau kampus yang memiliki reputasi pencetak para menteri atau Teknokrat dipemerintahan. Reputasi kampus ini sangat penting untuk meningkatkan nilai prestige atau kebanggan pada almamater.

7. Cari Tahu tentang Fasilitas Perpustakaannya

Perpustakaan

Perpustakaan

Salah satu fasilitas yang wajib kamu ketahui ialah perpustakaan kampus, karena sebagaian besar dari aktivitas yang akan kamu lakukan saat berkuliah ialah mencari bahan di perpusatakaan. Sehingga kenyamanan perpusataakan sebuah kampus sangatlah mutlak. Carilah kampus yang memiliki perpustakaan yang cozy dengan akses Wifi yang baik dan dekat dengan kantin atau restoran.

8. Fasilitas Kegiatan Kemahasiswaan

Fasilitas Kampus

Fasilitas Kampus

Hal ini sih penting banget buat kalian yang berjiwa aktif, cari tahu kampus yang menyedikan berbagai fasilitas penunjang Unit kegiatan Kemahasiswaan. Hal ini penting karena UKM dalam sebuah kampus dapat mengembangkan bakat kamu dalam banyak hal seperti bakat seni, olahraga, bela diri, Fotografi hingga kerohaniaan. Jangan sampai salah pilih kampus hingga kamu jadi anak muda yang tidak memiliki prestasi dan kurang eksis.


9. Lihat Juga Alumninya

Wisudawan

Wisudawan

Nah, hal terakhir yang menjadi pertimbangan ialah para lulusan atau alumni dari perguruan tinggi tersebut. Alumni dari kampus yang dituju menjadi salah satu hal penting untuk diketahui. Seringkali alumni sebuah perguruan tinggi dapat merepresentasikan kampus tersebut. Kampus yang memiliki sederet alumni yang sukses biasanya menjadi kebanggan sendiri bagi kalian ketika kuliah disana.

itulah 9 hal yang dapat menjadi pertimbanganmu dalam memilih Perguruan Tinggi Favoritmu, namun jika kalian masih bingung memilih Universitas mana yang memenuhi 9 kreteria tersebut, Jangan khawatir karena salah satu Universitas terbaik di Jakarta yakni Universitas Esa Unggul mengakomodir semua pertimbangan kamu dalam memilih kampus.

Mulai dari akreditasi yang baik dari BAN PT, berbagai Fasilitas penunjang, kampus yang terdapat di 3 wilayah Jakarta, Bekasi dan Tanggerang hingga reputasi World Class University yang disematkan oleh Universitas Esa Unggul membuat kamu tidak akan menyesal berkuliah di Universitas yang sering dijuluki dengan kampus emas ini. Jika kalian ingin mengetahui tentang Universitas Esa Unggul, kamu bisa mengakses melalui Website:

https://www.esaunggul.ac.id/tentang-kami/profil-esa-unggul/overview/

Tunggu apalagi ayo segera daftarkan diri kamu ke Universitas Esa Unggul untuk menjadi insan yang Smart, Kreatif dan Enterpreneurial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *