Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Visi - Misi & Tujuan
  • Career
  • Kerjasama
  • Fasilitas
  • Kurikulum
  • Dosen Pengajar
  • Biaya Kuliah
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) - Proses Akreditasi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) akan mendapatkan dukungan dari sistem, sarana dan prasarana yang telah ada dan dikembangkan di lingkungan civitas akademika UEU yang meliputi pengembangan jiwa kewirausahaan dan trampil memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) melalui pembelajaran hybrid learning. Terdapat bidang-bidang dari fakultas di lingkungan Universitas Esa Unggul yang berpotensi untuk turut berkontribusi pada pengembangan Program Studi PGSD yang memiliki ciri khusus seperti unggul dalam bidang kesehatan, bidang psikologi, dan bidang ilmu komputer dan komunikasi. Hal tersebut merupakan tiga pilar keunggulan Universitas Esa Unggul dalam menyelenggarakan pembelajaran kepada mahasiswa yaitu kewirausahaan, teknologi informasi dan kemampuan berkomunikasi internasional.

Oleh karena itu, mata kuliah yang diberikan pada program studi PGSD, selain mata kuliah yang dikelola oleh universitas yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Agama, Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila, Matematika, Statistika, Pengantar Aplikasi Komputer, Sosial Budaya, dan Filsafat Ilmu, juga terdapat rumpun mata kuliah yang dikelola lintas fakultas seperti Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan, Aplikasi Komputer Tingkat Lanjut, Komunikasi dan Ilmu Kesehatan, Pengembangan disain pembelajaran berbasis web. Sedangkan mata kuliah lainnya yang dikelola oleh PS PGSD minimal 60% dari total seluruh mata kuliah yang harus ditempuh.

Universitas Esa Unggul telah memiliki pengembangan bentuk pembelajaran berbasis teknologi informasi sejak tahun 2007 dan kemudian didukung dengan perolehan hibah PHK-I tema B sejak 2011 untuk mengembangkan sistem informatika tersebut. Sesuai dengan yang telah diimplementasikan pada 21 program-program studi strata 1 yang sudah menerapkan hybrid learning, pembelajaran berbasis web sehingga pembelajaran selain tatap muka juga diperkaya dengan materi pembelajaran dan komunikasi/konsultasi melalui internet (online). Program Studi PGSD akan mempersiapkan bahan-bahan ajar dalam bentuk hybrid learning. Dengan fasilitas SADA (Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik) memungkinkan program studi berfokus pada pengembangan dan penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi karena bidang administrasi ditangani oleh tingkat universitas.

Hubungan Prodi PGSD dengan Prodi lain di Universitas Esa Unggul

Subtansi dari berbagai program studi lain yang dapat mendukung program studi baru, seperti dari program studi Psikologi, Ilmu Komputer, Ilmu Kesehatan, Ilmu Komunikasi, dan Desain Produk yang bisa menyumbangkan terapannya dalam mendukung kualitas pembelajaran program studi PGSD yang akan dibuka sebagai keunggulan. Sebagai contoh : terapan dari program studi psikologi adalah teori perkembangan anak, teori belajar dan pembelajaran, psikologi komunikasi, parenting, dll; terapan dari ilmu computer adalah teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan; terapan dari program studi ilmu-ilmu kesehatan adalah menggenalkan dan membiasakan pola hidup sehat sejak dini, ilmu penyakit, gizi , dan anatomi sebagai penguatan subtansi rumpun mata kuliah IPA; terapan ilmu komunikasi adalah penguatan kompetensi berkomunikasi secara empatik dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris sebagai daya saing lulusan; terapan dari program studi desain produk adalah kompetensi merancang dan menyajikan media pembelajaran interaktif; pembentukan karakter untuk menjadi warga negara yang baik dalam pendidikan IPS dan menanamkan nilai-nilai disiplin, ketangguhan, kreativitas dan inovasi dalam pendidikan entrepreneurship. Kajian atas kontribusi terapan dari berbagai disiplin ilmu yang ada di Universitas Esa Unggul didalam struktur pengelolaan PGSD yang akan di rintis akan menghasilkan lulusan-lulusan tenaga pendidik yang memiliki keunggulan dan ciri khas yang berbeda dengan PGSD lainnya.

Profil Lulusan Program Studi PGSD

  1. Lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkepribadian yang ditunjukkan dengan prilaku guru sekolah dasar yang mengutamakan nilai-nilai disiplin, arif, bijaksana, hidup sehat dan bugar.
  2. Lulusan yang mampu merancang, melaksanakan dan menilai proses pembelajaran di sekolah dasar yang mengacu pada pencapaian tujuan belajar baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik.
  3. Lulusan yang menguasai materi pembelajaran, metodologi pembelajaran dan dapat merancang media pembelajaran yang interaktif yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran operasional konkrit di tingkat sekolah dasar.
  4. Lulusan yang menguasai ilmu mendidik sehingga dapat menerapkan didaktik-metodik dalam menumbuhkembangkan peserta didik di tingkat sekolah dasar.
  5. Lulusan yang mampu mengembangkan bidang keilmuannya melalui penelitian tindakan kelas berbasis pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan IPTEK, berwawasan global, kreatif, dan inovatif.
  6. Lulusan yang mampu berkomunikasi empatik dan berjiwa kewirausahaan serta memenuhi kebutuhan masyarakat di tingkat sekolah dasar.
Profil lulusan di atas mengacu pada Standar Kompetensi Guru Kelas (SKGK) SD/MI yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Profesi dan Karir Lulusan

Berprofesi sebagai guru sekolah dasar yang mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran di sekolah dasar yang mengaktifkan siswa dengan kegiatan yang bermakna untuk mencapai tujuan pembelajaran di SD yang meliputi penguasaan lima mata pelajaran pokok (Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam serta mampu mengembangkan mata pelajaran pendukung lainnya.

Visi, Misi dan Tujuan

Misi Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PS PGSD)bermisi: menyelenggarakan pendidikan guru sekolah dasar yang bermutu, inovatif, dan relevan dalam suasana akademik yang kondusif untuk membangun insan yang berjiwa kepemimpinan dan kewirausahaan yang berkarakter dan berdaya saing tinggi serta mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan ke-SD-an.

Tujuan Program Studi Pendidikan Guru SD

Program Studi Pendidikan Guru SD bertujuan:

  1. Menyiapkan pendidikan bagi calon guru sekolah dasar yang memenuhi standar kompetensi guru kelas SD yang meliputi kompetensi-kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial
  2. Menghasilkan lulusan yang dapat mengembangkan dan menerapkan IPTEKS pada pendidikan sekolah dasar yang mandiri dan kreatif untuk terwujudnya masyarakat madani Indonesia
  3. Berkontribusi terhadap pengembangan penelitian dibidang ke-SD-an
  4. Berkontribusi terhadap pengembangan pengabdian kepada masyarakat di bidang ke-SD-an

Proses Pembelajaran:
    1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence)
    2. Kurikulum 3,5 tahun (7 semester normal, 3 semester pendek)
    3. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC)
    4. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum
    5. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi
    6. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik
    7. Bimbingan Akademik
    8. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional
    9. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif
    10. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa
    11. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.
Profesi dan Karir Lulusan

Berprofesi sebagai guru sekolah dasar yang mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran di sekolah dasar yang mengaktifkan siswa dengan kegiatan yang bermakna untuk mencapai tujuan pembelajaran di SD yang meliputi penguasaan lima mata pelajaran pokok (Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam serta mampu mengembangkan mata pelajaran pendukung lainnya.

Esa Unggul Career Center :

          1. Sebagai lembaga yang membantu membentuk lulusan yang trampil, mahir dan berkepribadian untuk menghadapi tantangan dunia kerja melalui program pelatihan dan pengembangan
          2. Menyediakan informasi peluang kerja bagi mahasiswa dan lulusan UEU di jaringan komunikasi konvensial dan elektronik ( www.esaunggul.ac.id)
          3. Mengelola jaringan komunikasi (networking) antara alumni
          4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga profesi, bisnis, pelayanan kesehatan, industri jasa dan manufaktur dalam rangka penyaluran SDM lulusan UEU
Kerjasama

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi),dengan beberapa perguruan tinggi antara lain:

          • Universitas Negeri Jakarta
Fasilitas

Untuk menunjang proses pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, telah tersedia beberapa fasilitas laboratorium, seperti:

Laboratorium Komputer

Perpustakaan  
Kurikulum Program Studi PGSD

Kualifikasi Hasil pendidikan (Learning Outcomes). Mencakup (a) landasan kepribadian; (b) penguasaan keilmuan dan ketrampilan; (c) kemampuan berkarya; (d) Sikap dan perilaku dalam berkarya; dan (e) pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat. Setelah mengikuti dan menyelesaikan perkuliahan, diharapkan lulusan Program PGSD UEU dapat :
  1. Mampu menguasai materi pembelajaran dan menguasai metodologi pembelajaran secara cerdas untuk mengembangkan kemampuan peserta didik secara optimal.
  2. Mengembangkan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa SD yang memanfaatkan pandangan-pandangankonstruktivisme dan humanistic.
  3. Melaksanakan pembelajaran dan menilai proses pembelajaran yang mengacu pada pencapaian tujuan belajar baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik
  4. Melakukan perbaikan berkelanjutan melalui refleksi diri
  5. Melakukan penelitian tindakan kelas dan mengembangkan bidang ke –SD-an sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan IPTEKS.
  6. Mampu berkomunikasi empatik dan berjiwa kepemimpinan, tangguh, ulet, kreatif, inovatif dalam kebutuhan masyarakat di bidang pendidikan.

Download Distribusi Mata Kuliah Program Studi PGSD
Dosen Pengajar
            1. Dr. Ratnawati Susanto, MM, M.Pd
            2. Dr. Rokiah Kusumapradja, SKM, MHA
            3. Dr. Ir. Arief Kusuma, MBA
            4. Drs. Mulyo Wiharto, MM
            5. Drs. Laris Sagala,MM
            6. Dra. Sulis Mariyanti,Psi,Msi
            7. Prof. Dr. Lia Amalia,MM
            8. Dr. Hasyim Achmad, MEd,MM
            9. Dra. Levianti,Psi, Msi
            10. Djoko Dewanto, S.Kom, M.Kom
            11. Budiansyah,S.Pd.I, SPd
            12. Trismiatin Putri Eko Pertiwi,SPd
            13. Drs Buasim,MPd
            14. Drs. Uu Rukmana,MPd
            15. dr. Noor Yulia
            16. Idi Darma, SPd, MM
            17. Danan Satrio Wibowo, S.Sos, Msi
Nama Dosen Mitra
          1. Dra. Endang M.Kurnianti,M.Ed (Universitas Negeri Jakarta)
          2. Drs. Arifin Maksum,M.Pd (Universitas Negeri Jakarta)
          3. Drs. Supriatna,M.Pd (Universitas Negeri Jakarta)
          4. Dra. Iva Syarifah,M.Pd (Universitas Negeri Jakarta)
          5. Dra. Gusti Yarmi,M.Pd (Universitas Negeri Jakarta)
  • News &Events
  • Article
  • E-Paper
  • Tugas Akhir
Universitas Esa Unggul menyelenggarakan Seminar ” Go for Goal” untuk Program Reguler pada 29 April 2014, di Ballroom Kemala Universitas Esa Unggul
Universitas Esa Unggul menyelenggarakan Seminar ” Go for Goal” untuk Program Reguler pada 29 April 2014, di Ballroom Kemala Universitas Esa Unggul

  Universitas Esa Unggul menyelenggarakan Seminar ” Having High Score, Why not” ” untuk Program Reguler pada 29 April 2014, di Ballroom Kemala Universitas Esa ...

Universitas Esa Unggul menyelenggarakan Seminar ” Go for Goal” untuk Program Reguler pada 28 April 2014, di Ballroom Kemala Universitas Esa Unggul
Universitas Esa Unggul menyelenggarakan Seminar ” Go for Goal” untuk Program Reguler pada 28 April 2014, di Ballroom Kemala Universitas Esa Unggul

  Universitas Esa Unggul menyelenggarakan Seminar ” Go for Goal” untuk Program Reguler pada 28 April 2014, pukul 13.00 – 15.30 WIB  di Ballroom Kemala ...

Orasi Ilmiah “Mewujudkan Indonesia Yang Mandiri, Maju, Adil, dan Makmur dalam Perspektif Demokrasi dan Kepemimpinan” oleh Ir. Irman Gusman, Ketua DPD RI
Orasi Ilmiah “Mewujudkan Indonesia Yang Mandiri, Maju, Adil, dan Makmur dalam Perspektif Demokrasi dan Kepemimpinan” oleh Ir. Irman Gusman, Ketua DPD RI

ORASI ILMIAH IR. IRMAN GUSMAN – KETUA DPD RI WISUDA SARJANA DAN PASCA SARJANA UNIVERSITAS ESA UNGGUL TA. 2012/2013 “Mewujudkan Indonesia Yang Mandiri, Maju, Adil, ...

Orasi Ilmiah “Mewujudkan Indonesia Yang Mandiri, Maju, Adil, dan Makmur dalam Perspektif Demokrasi dan Kepemimpinan” oleh Ir. Irman Gusman, Ketua DPD RI
Orasi Ilmiah “Mewujudkan Indonesia Yang Mandiri, Maju, Adil, dan Makmur dalam Perspektif Demokrasi dan Kepemimpinan” oleh Ir. Irman Gusman, Ketua DPD RI

ORASI ILMIAH IR. IRMAN GUSMAN – KETUA DPD RI WISUDA SARJANA DAN PASCA SARJANA UNIVERSITAS ESA UNGGUL TA. 2012/2013 “Mewujudkan Indonesia Yang Mandiri, Maju, Adil, ...

Orasi Ilmiah “Mewujudkan Indonesia Yang Mandiri, Maju, Adil, dan Makmur dalam Perspektif Demokrasi dan Kepemimpinan” oleh Ir. Irman Gusman, Ketua DPD RI

ORASI ILMIAH IR. IRMAN GUSMAN – KETUA DPD RI WISUDA SARJANA DAN PASCA SARJANA UNIVERSITAS ESA UNGGUL TA. 2012/2013 “Mewujudkan Indonesia Yang Mandiri, Maju, Adil, ...

Prospek Mahkamah Konstitusi Sebagai Pengawal dan Penafsir Konstitusi – Achmad Edi Subiyanto, S. H., M. H.

Achmad Edi Subiyanto, S. H., M. H. Dosen Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul PROSPEK MAHKAMAH KONSTITUSI SEBAGAI PENGAWAL DAN PENAFSIR KONSTITUSI    Pendahuluan Ada dua ...


-- Download Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) as PDF --


  • Comments
  • Trackbacks
360
  1. August 29, 2013 at 10:58 amNovi  Reply

    aku ingin sekali msuk fak PGSD Esa Unggul, tapi kenapa akreditasnya masih belum jelas yah. aku takut ketika masuk nanti ternyata akreditasnya C:(

    • August 29, 2013 at 11:19 amelistia  Reply

      Selamat siang,
      PGSD baru tahun 2013 ini dibuka, untuk pengajuan akreditasi program studi harus sudah berjalan selama 5 tahun.

  2. September 19, 2013 at 2:28 pmsilvah  Reply

    klo yg buat s2 da gk yg pendidikan

    • September 19, 2013 at 3:30 pmelistia  Reply

      Belum ada S2 Pendidikan, baru ada S1 PGSD.

  3. September 23, 2013 at 11:06 amAyu  Reply

    Selamat Siang,

    Saya lulusan D3 Komputer akuntansi, bagaimana prosedur jika ingin melanjutkan ke fak PGSD ini dan Apa ada kelas sabtu-minggu untuk fak PGSD?

    • September 23, 2013 at 2:52 pmelistia  Reply

      Selamat siang,
      PGSD tidak dibuka di kelas sabtu-minggu/kelas karyawan.
      Dibuka di kelas reguler saja.

  4. October 1, 2013 at 10:35 amhadi  Reply

    saya lulusan D2 pendor, ingin melanjutkan ke s1 pendor berapa biaya pendaftaran pertama dan biaya per sks

    • October 1, 2013 at 11:29 amelistia  Reply

      Untuk PGSD di Esa Unggul tidak ada jurusan Pendor. Hanya pendidikan guru umum. trimakasih

  5. October 2, 2013 at 7:28 pmzainal  Reply

    saya seorang guru honor lulusan PGSD D2, dan sangat ingin melanjutkan perkuliahan sarjana, tapi ada kendala saya tidak bisa mengikuti perkuliahan reguler atau rutin karena saya bertugas didaerah pedalaman kaltim dan akses kemana mana sangat jauh dan memakan biaya, yg saya tanyakan apakah Universitas Esa Unggul mengadakan kuliah Online, atau apakah ada solusi terbaik bagi saya, terima kasih dan maaf sebelumnya.

    • October 3, 2013 at 10:01 amelistia  Reply

      Di Universitas Esa Unggul memang selain pembelajaran secara tatap muka juga ada pembelajaran secara online, akan tetapi pembelajaran secara online hanya untuk pelengkap pembelajaran secara tatap muka. Sehingga pembelajaran tatap muka yg diutamakan dsini. Jadi kami tidak ada kuliah online tanpa kuliah tatap muka. Mohon maaf dan Terimakasih.

  6. November 1, 2013 at 3:11 amkhristiyono Prahoro Sakti  Reply

    Saya sarjana pendidikan dari IKIP Yogyakarta dan sudah studi lanjut s2 MM di STIE Budi Luhur dan Magister Biomedik (Mbiomed) FKUI, punya pengalaman menulis buku pelajaran di penerbit Erlangga dan pengalaman guru 19 tahun ingin berbagi ilmu untuk pengembangan pendidikan guru terutama guru SD sebagai dosen tidak tetap di PGSD UIEU. Bgm caranya ya?

    • November 1, 2013 at 9:54 amelistia  Reply

      Silahkan kirim lamaran anda ke humas@esaunggul.ac.id terimakasih.

  7. November 6, 2013 at 12:54 pmrio  Reply

    Apa syarat masuk pgsd di universitas esa unggul? Apakah boleh lulusan sma paket c ipa, sebab saya ikut paket c saya smp di luar negeri.

    • November 7, 2013 at 11:01 amelistia  Reply

      Iya bisa. Silahkan mendaftar dengan lansung datang ke Universitas esa unggul di bagian Humas terimakasih.

  8. November 15, 2013 at 8:35 amLily Setiawati  Reply

    kelas karyawan untuk PGSD dibuka ya ? dan brapa kapasitasnya ?

    • November 19, 2013 at 4:35 pmelistia  Reply

      Iya, silahkan saja mendaftar. Periode pendaftaran sd 30 Januari untuk perkuliahan Februari 2014 kami tidak menentukan kapasitasnya terimakasih.

  9. November 26, 2013 at 7:45 pmnunu  Reply

    Untuk mendaftar kuliah pgsd d unnes ada prsyaratannya tidak yah? Terima kasih

    • December 4, 2013 at 10:10 amelistia  Reply

      Silahkan datang lansung ke Humas esa unggul, membeli formulir 200rb lalu mngisinya. Selanjutnya mengikuti tes yang bisa diikuti pada saat itu juga, kalau kamu lulus tes bisa lansung daftar ulang. Terimakasih.

  10. December 11, 2013 at 10:29 pmwahyuni  Reply

    apakah ada pgsd untuk kelas karyawan?
    kalau ada sampai kpan pendaftarannnya?

    • December 19, 2013 at 10:48 amelistia  Reply

      Iya, ada juga untuk karyawan. sekarang sudah buka pendaftaran sd 30 januari 2014, perkuliahan Februari 2014. Terimakasih...

  11. January 9, 2014 at 4:48 pmdanang  Reply

    Permisi mau nanya..? Setelah saya beli formulir untuk selanjut nya test.. Boleh saya tau itu test apa ya..? Kalau di UNJ PGSD di test menggambar dll..? Kalau di UEU test nya apa ya..? Apakah test soal tertulis atau psikotest..? Soal nya saya udah fix mau masuk UEU ambil pgsd.. Alasan nya dekat dari rumah hehe..

    Oya sebelum nya saya IPA boleh kan min ke pgsd..? Apa harus ips terimaksih :) mohon jawaban nya :)

    • January 17, 2014 at 3:38 pmelistia  Reply

      Terimakasih sudah memilih Esa Unggul sebagai tempat melanjutkan pendidikan. Tesnya adalah berupa tes matematika dan bahasa inggris, itu saja.

  12. January 16, 2014 at 2:08 pmayu  Reply

    maaf apakah yang dimaksud kelas karywan PGSD itu kelas sabtu/minggu?

  13. January 22, 2014 at 10:48 amEmah Nurdiyanti  Reply

    fakultas yang ada beasiswanya apa aja ?

  14. February 22, 2014 at 8:22 pmrachmadt fatih  Reply

    Kalau ingin menjadi dosen tetap di ueu pgsd lamarannnya masukan d mna yah..

    • February 25, 2014 at 3:12 pmelistia  Reply

      Silahkan kirim ke email humas@esaunggul.ac.id.

  15. February 24, 2014 at 2:27 pmEvie  Reply

    Selamat siang,

    Masih di buka kah untuk kelas karyawan PGSD,
    mohon di jelaskan untuk jadwal kuliah nya...
    Terimakasih

    • February 25, 2014 at 3:28 pmelistia  Reply

      Selamat siang,
      Pendaftaran kelas karyawan PGSD mulai di buka 01 Maret '14.

  16. March 4, 2014 at 3:56 pmNurlaila  Reply

    Mhn informasi adakah peluang dosen tidak tetap untuk jurusan PGSD, kebetulan sy lulusan S2 DIKDAS UNJ.

    • March 5, 2014 at 1:27 pmelistia  Reply

      Mohon kirim email ke humas@esaunggul.ac.id

  17. March 5, 2014 at 8:12 amTiara Pradana Putri  Reply

    Selamat pagi UEU,
    Saya Tiara Pradana Putri mahasiswa Pascasarjana UNJ jurusan Manajemen Pendidikan tahun 2013 Saat ini sedang proses penyusunan proposal tesis.
    Saya berminat bergabung sebagai dosen di UEU, Bagaimana ketentuan dan caranya? Terima kasih

    • March 5, 2014 at 1:37 pmelistia  Reply

      Silahkan kirim aplikasi ke humas@esaunggul.ac.id

  18. March 12, 2014 at 8:32 pmsayyidah umi  Reply

    Maaf pengen daftar gimana caranya ya ?

    • March 13, 2014 at 2:21 pmelistia  Reply

      Silahkan lihat informasi di ADMISI, silahkan klik link ini:
      http://www.esaunggul.ac.id/sarjana-reguler/

  19. April 1, 2014 at 7:14 amRina Rusmadi  Reply

    mbak, sy ingin brtanya apakah jurusan s1 PGSD harus mlnkan s2 pgsd jg? bs tdk klu tdk linierjut

    • April 2, 2014 at 3:38 pmelistia  Reply

      Tidak harus melanjutkan ke S2 PGSD, UEU tdk memiliki S2 PGSD.

Leave a Reply


2 + = 7

2012 © Universitas Esa Unggul