Deskripsi :

Di abad ke 21 ini, guru dituntut untuk memiliki literasi digital. Mereka harus mampu mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Literasi digital tersebut sudah dilakukan oleh salah satu guru SMP di Jakarta. Guru tersebut mencari bahan ajar dari internet namun menemui masalah dalam menyesuaikan dengan materi ajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.

Oleh karena itu, studi ini perlu dilakukan untuk mengambarkan secara mendalam proses pengembangan pembelajaran berbasis digital yang disebut dengan e-learning yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan menguji efektivitas e-learning tersebut. Studi ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan partisipannya adalah guru dan siswa SMP kelas satu.

Hasil studi menunjukkan bahwa pengembangan e-learning ini menggunakan PHP, Framework Bookstrap, MySQL, aplikasi untuk membuat gambar dan video animasi. Hasil studi juga menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan e-learning lebih efektif dibandingkan dengan tidak menggunakan e-learning. Perbedan hasil belajar keduanya sebesar 5.53% dan berbeda secara signifikan (Sig.2-tailed 0.011 < 0.05). E-learning diharapkan dapat digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Noni Agustina, M.Pd

Download :