Deskripsi :

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah adanya pengaruh kompetensi guru  terhadap  minat  belajar  IPA  siswa kelas IV di  SDN  Tanjung  Duren  Utara  02.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan data pada penelitian ini  menggunakan  angket/kuesioner  dengan Skala Likert  5  options. Sampel  pada  penelitian  ini merupakan 30 siswa kelas IV di SDN Tanjung Duren Utara 02. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan  analisis  regresi  linier  sederhana  yang dibantu  dengan  program  SPSS for  windows release  25.  Hasil analisis  tersebut menyatakan  bahwa  nilai  konstanta  pada  variabel  minat  belajar siswa  (Y)  sebesar  34,055,  sedangkan  nilai  koefisien regresi  pada  variabel  kompetensi  guru  (X) sebesar  0,576  maka dapat  diartikan  bahwa  arah  pengaruh  variabel  kompetensi  guru  (X) terhadap variabel minat belajar siswa (Y) adalah positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat  pengaruh kompetensi  guru  kelas  terhadap  minat  belajar  siswa.  Hal  ini  dapat dilihat  melalui hasil uji t, yang dimana thitung > ttabel , hasil ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat  diartikan  bahwa terdapat  pengaruh  dari  variabel  kompetensi  guru  (X)  terhadap  variabel  minat belajar  siswa  (Y).  Didapat  pula  nilai  signifikansi  sebesar  0,001,hasil ini  menunjukkan  bahwa  nilai Dinamika Sekolah signifikansi  <  0,005 yang  artinya  thitung signifikan  dan  variabel  kompetensi  guru berpengaruh  secara positif terhadap minat belajar siswa.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Sava Tiara Putri, Harlinda Syofyan

Download :