Deskripsi :
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah adanya pengaruh kompetensi guru terhadap minat belajar IPA siswa kelas IV di SDN Tanjung Duren Utara 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dengan Skala Likert 5 options. Sampel pada penelitian ini merupakan 30 siswa kelas IV di SDN Tanjung Duren Utara 02. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana yang dibantu dengan program SPSS for windows release 25. Hasil analisis tersebut menyatakan bahwa nilai konstanta pada variabel minat belajar siswa (Y) sebesar 34,055, sedangkan nilai koefisien regresi pada variabel kompetensi guru (X) sebesar 0,576 maka dapat diartikan bahwa arah pengaruh variabel kompetensi guru (X) terhadap variabel minat belajar siswa (Y) adalah positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi guru kelas terhadap minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat melalui hasil uji t, yang dimana thitung > ttabel , hasil ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh dari variabel kompetensi guru (X) terhadap variabel minat belajar siswa (Y). Didapat pula nilai signifikansi sebesar 0,001,hasil ini menunjukkan bahwa nilai Dinamika Sekolah signifikansi < 0,005 yang artinya thitung signifikan dan variabel kompetensi guru berpengaruh secara positif terhadap minat belajar siswa.
Universitas Esa Unggul
Penulis :
Download :