Bahas Industri 4.0, Esa Unggul Citra Raya Gelar Seminar dan Workshop di SMA 3 Kabupaten Tangerang

Bahas Industri 4.0, Esa Unggul Citra Raya Gelar Seminar dan Workshop di SMA 3 Kabupaten Tangerang

Esaunggul.ac.id, Universitas Esa Unggul Citra Raya menggelar Seminar dan Workshop di SMAN 3 Kabupaten Tangerang, Jumat (01/02). Seminar dan Workshop kali ini mengangkat tema “Mempersiapkan Diri Menuju Daya Saing di Era 4.0.” Sejumlah pembicara berkompeten pun dihadirkan dalam acara ini diantaranya Direktur Kampus Citra Raya UEU, Dr.Drs. Dihin Septyanto, ME dan Kepala Program Studi Desain Komunikasi Visual Ahmad Fuad, S.Sn, M.Ds.

Dihin Septyanto, sebagai pembicara pertama menuturkan terkait Prespektif Perkembangan Karier di Era Industri 4.0. Menurutnya saat ini banyak pekerjaan yang akan terganti oleh pengaruh Industri 4.0. hal ini dikarenakan semakin menyebarnya pengaruh Digital dan kemudahan dalam mengakses sesuatu. “Mungkin di masa depan nantinya, banyak pekerjaan yang dulunya ada, akan tergerus akibat digital disruption, untuk itu kalian harus membekali diri kalian untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan kalian terutama dalam hal soft skill,” terang Dihin di SMAN 3, beberapa waktu yang lalu.

Namun dirinya pun tidak menampik, dari digital disruption ini sejumlah pekerjaan baru akan hadir dan menjadi salah satu pilihan anak-anak muda yakni generasi milineal untuk berkarir. “Mekipun banyak pekerjaan yang nantinya hilang namun banyak pula pekerjaan-pekerjaan baru yang akan hadir dan memberikan kalian kesempatan untuk berkarir di sana,” ujar Dihin.

Sementara itu, Kaprodi DKV UEU, Ahmad Fuad, yang menjadi pembicara kedua membahas Peluang Milineal dalam menghadapi era industri 4.0 dibidang kreatif khususnya dunia Fotografi dan Desain. Menurutnya, pada industri 4.0 saat ini banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh anak muda untuk menyalurkan minat dan bakatnya terutama dibidang seni.

“Fotografi dan Desain merupakan peminataan yang dapat dikembangkan di dunia industri saat ini, yang bergerak pada digitalisasi. Metode Visualisasi suatu produk baik secara foto ataupun Video saat ini marak dilakukan oleh sejumlah brand-brand ternama, sehingga sangat tepat jika anak muda memperdalam bidang Desain dan Fotografi,” ujarnya.

Desain Komunikasi Visual merupakan jawaban bagi generasi milineal yang memiliki kreativitas dibidang desain dan Fotografi. Fuad melanjutkan pada dunia digital saat ini banyak memerlukan visual informasi, baik itu format vektor maupun format bitmap. Semua kebutuhan terkait visual informasi tersebut dipelajari dalam Program Studi Desain Komunikasi Visual Esa Unggul.

Fuad berharap para anak muda (Generasi Milineal) mampu mengupgrade skill disejumlah bidang, hal ini dikarenakan paltform pembelajaran untuk mengupgrade keahlian saat ini banyak tersebar di sejumlah media sehingga sangat sayang sekali jika tidak dimanfaatkan. Karena dengan mengupgrade skill kita mampu melihat peluang apa saja yang akan kita dapatkan di masa depan.

” Untuk generasi milineal saat ini kalian harus mau mengupgrade keahlian kalian, karena Keahlian itu bagaikan jaring ikan, semakin banyak keahlian, semakin besar jaring ikan yang kita miliki, dengan jaring ikan yang besar akan banyak ikan dan berbagai jenis ikan yang akan kita dapatkan, berarti akan banyak kerjaan dan jenis kerjaan yg dapat kita dapatkan nantinya.” tutup Fuad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *