Kesiapan Auditor (KAP) dan Auditi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam Menghadapi Implementasi ISA

Kesiapan Auditor (KAP) dan Auditi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam Menghadapi Implementasi ISA

Kesiapan Auditor (KAP) dan Auditi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam Menghadapi Implementasi International Standard On Auditing (ISA)

ABSTRAK

KESIAPAN AUDITOR (KAP) DAN AUDITI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA DALAM MENGHADAPI IMPLEMENTASI INTERNATIONAL STANDARD ON AUDITING (ISA)

Nindia Destiani Aska
Universitas Esa Unggul, Kota Administrasi Jakarta Barat
[email protected]

International Standards on Auditing (ISA) merupakan standar audit terbaru yang telah diadopsi di Indonesia. Adopsi ini dilakukan pada tanggal 1 Januari 2013 sebagai bentuk komitmen atas Statement of Membership Obligation and International Federation of Accountants. Auditor (KAP) wajib melakukan audit atas laporan keuangan uditi (client) berdasarkan standar ISA. Aplikasi ISA diwujudkan melalui revisi terhadap Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP). Oleh sebab itu, auditor (KAP) dan auditi (client) harus siap dan mampu menerapkan ISA dalam melakukan audit.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan dari auditor (KAP) dan auditi (klien) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam menghadapi penerapan Internasional Standard on Auditing (ISA)

Penelitian ini dilakukan pada audito (KAP) dan auditi atau perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan teknik kuota sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang dipilih sesuai dengan tujuan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Auditor (KAP) di Indonesia dan seluruh auditi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada saat penelitian ini dilakukan. Pengujian penelitian ini yaitu menggunakan uji deskripti secara keseluruhan, uji deskriptif secara parsial, dan uji beda rata-rata menggunakan uji t.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa auditor (KAP) dan auditi telah siap dan mampu dalam mengimplementasikan ISA serta terdapat perbedaan kesiapan diantara keduanya. Hal ini dinilai dari dimensi-dimensi dari implementasi ISA.

Kata Kunci : International Standard on Auditing (ISA), Implementasi, Auditor, Auditi (clients)

Download Karya Tulis Ilmiah disini